Minggu, Oktober 03, 2010

Pertemuan itu…..

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya akan selalu berinteraksi dengan manusia lain, dalam bermacam situasi, kondisi dan lingkungan. Tak bisa dipungkiri bahwa interaksi antar manusia sudah merupakan suatu kebutuhan hidup manusia yang normal. Bila ada seseorang yang tidak bisa berinteraksi dengan manusia dan lingkunganya, pastilah kita akan seketika menyadari bahwa “manuasia” itu tak normal, manusia itu mungkin juga sudah gila. Hidup di dunianya sendiri, tentunya kondisi yang ekstrim yang membuat manusia terisolir dari manusia yang lain merupakan perkecualian, misalnya tedampar di suatu pulau terpencil di tengah lautan luas.

Interaksi antar manusia sudah terjadi begitu kita memulai hari dengan terbangun dari dunia mimpi yang merupakan dunia hak milik kita pribadi, kita akan segera bertemu dengan anggota keluarga, orang2 disekitar tempat kita tinggal, kemudian orang2 disepanjang perjalanan kita menuju tempat sekolah, tempat bekerja. Bila diteruskan maka akan kita dapatkan bahwa mungkin ada ratusan bahkan ribuan orang yang kita temui dan kita lakukan interaksi setiap harinya.

Melihat kenyataan diatas, tentunya bertemu dengan seseorang bukanlah hal yang aneh dalam perjalanan hidup kita. Entah itu orang yang tak kita kenal, orang yang pernah kita kenal , bahkan orang yang terkenal sekalipun.

Interaksi tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba, bisa juga terjadi secara terjadwal. Pokoknya bukan hal yang aneh lah untuk bertemu dengan orang yang lain…apapun motif dari interaksi (pertemuan) tersebut.
Hebatnya , kelancaran komunikasi yang terjadi tidak melulu harus terjadi pada pertemuan yang direncanakan, bahkan pada orang2 yang terbiasa bekerja di bidang pelayanan/ Jasa, pertemuan yang tidak direncanakan merupakan hal yang wajar dalam kesehariannya. Namun pada orang yang lain mungkin harus melakukan suatu “appointment” terlebih dahulu untuk bisa bertemu, entah karena kesibukannya atau memang peraturan yang mengikat mengharuskan dia begitu, melakukan perjanjian dahulu untuk bertemu.

Lalu apakah untuk bertemu dengan seseoran sebaiknya harus direncanakan /melakukan perjanjian dahulu….?
Ahh….jawabannya bisa iya…bisa tidak. Mungkin situasional jawabannya.

Aku baru saja mengalami kejadian yang membuatku nggak bisa tidur nyenyak ….apa pasal….? Yah..suatu kesempatan bertemu dengan sosok teman didunia maya yang kukagumi dan kuhormati telah kulewatkan begitu saja. Padahal kesempatan itu tidak akan mudah diulangi lagi, bahkan mungkin tak kan terulang untuk selamanya.

Apakah aku menyesalinya…? Yah ….penyesalan selalu datang belakangan. Dan itu sudah merupakan konsekwensi yang harus diterima sebagai hasil dari keputusan yang diambil. Apa sih alasan aku melewatkan kesempatan untuk bertemu dengannya…? Mau tahu jawabanku….?.Jawabanku : “ Aku belum siap…bisa rontok Jantungku ”…hehe….Jawaban yang nggak mutu….dan apa balasannya dari jawabanku..? “ Ya sudah…nggak jadi aja, aku gak mau menciptakan rekor Kopdar dengan masuk ke UGD karena jantung rontok”..hahaha….Wow…!!...jawaban yang cerdas…dan menimbulkan perasaan nyaman karena sedikit banyak meng-eliminir suatu penolakan dengan alasan yang nggak mutu dariku. Tentunya teman tersebut memiliki intelegensia tinggi dan cepat menganalisa situasi dengan kemampuan menciptakan suatu situasi yang mengenakkan bagi kedua belah pihak akibat pertemuan yang tak bisa dilakukan. Sudah layak dan sepantasnyalah aku mengucapkan terima kasih sekaligus memohon maaf kepadanya.

Aku bersyukur memiliki “teman” yang begitu baik dan begitu pintar… aku menghormatinya….bahkan menyayanginya…dan….apakah ini yang kutakutkan bisa membuat jantungku rontok…? Mungkin saja ya….? Katanya “jatuh cinta” bisa membuat “jantung rontok”…hehe

17 komentar:

  1. Padahal bapak orangnya sepertinya rame. Tentu seharusnya pertemuan kopdar sesama narablog bukan menjadi suatu masalah. Lain dengan halnya saya yang orangnya pemalu dan tidak PD, maka bisa dimaklumin saja kalau acara semacam itu bisa membuat saya kepikiran terus dan cemas karena saking pemalunya.

    BalasHapus
  2. mungkin dia akan datang di pesta blogger 2010 besok, om?!

    BalasHapus
  3. sayang sekali ya ndan, padahal memang jarang-jarang ada kesempatan buat bertemu seperti itu...
    selama aku ngeblog memang belum ada satupun yang pernah kopdar keculai bngjun, padahal kepengen juga sih, apalagi sama ndan srex hee..he..kadang juga aku perpikir apakah teman2 ku didunia maya ini benar2 maya??

    met weelend ndan

    BalasHapus
  4. Dan siapakah si dia yg membuat jantungmu nyaris rontok itu???? hehe...motauajahhh.... BTW,semua sdh dalam rencanaNYA. Klo memang mendatangkan kebaikan, akan tiba waktu kopdar tanpa harus ke UGD..hehe.

    BalasHapus
  5. jgn bilang....ini artinya benar2 jatuh cinta :D


    sy jg sering melewatkan ketemu selebritis :D padahal sering berpapasan di bandara dkk :D

    BalasHapus
  6. Waduh Lik kesempatan yg jarang2 ada knp gak di manfaat kan?

    BalasHapus
  7. wehe, kopdar lagi di pesta blogger aj om. kan cihui ramerame. ;p
    hihi.. ternyata om sangar2 gini, jantungnya bisa rontok juga ya.

    BalasHapus
  8. Mas Srex...saya juga punya cerita...seorang teman lama yang sudah 32 tahun tak jumpa (sejak lulus SD ) tiba2 menyeruak dalam kehidupan saya melalui jalur FB...kini kami berkomunikasi intens lewat dunia maya...beberapa waktu lalu saya menyampaikan wacana, mengundang dia untuk hadir di dunia nyata, bersilaturahim menyambung pertemanan yang 32 tahun terputus...tapi jawabnya, " aku butuh lebih dari sekedar mental yg kuat untuk menemuimu, Yik..." , saya kaget...tak pernah bisa menebak apa maksud dari jawaban itu...hehehe...rupanya ada yg dia simpan dari saya sejak perpisahan 32 tahun yang lalu saat kami masih sama2 kanak2...tapi entah apa, saya tak berani menduga. Padahal, saya sih biasa saja... Dan saya menghormati teman lama itu, tidak menghakimi dan tidak menilai dia negatif... Sepertinya memang lebih nyaman berteman di dunia maya tan[pa pernah berpikir untuk bertemu muka atau kopdar. Perasaan pertemanan kami terpelihara dengan unik...
    Lhaaahhhh...kok malah curhat yakk...?

    BalasHapus
  9. ada dua opsi
    satu: emang saking jatuh cintanya ampe takut jatuh cinta beneran pas ketemu
    dua: males
    xixixixi

    BalasHapus
  10. semoga selalu lancar dan berkembang dengan penuh kedamaian mas...

    BalasHapus
  11. saya justru Lagi menunggu kesempatan tersebut, dengan adanya kopdar diharapkan dapat Lebih mendekatkan diri kepada narabLog Lainnya agar jejaring sosiaL bisa Lebih bertambah akrab satu dengan Lainnya.

    BalasHapus
  12. @Coretan :begitulah mas...banyak alasan yang nggak mutu dariku...nggak tahu kenapa begitu. Kalau soal pede...kayaknya bukan...tx ya...
    ==============================================
    @mbak Q : aku nggak tahu sist...mungkin juga datang...kalo aku nunggu undanganmu aja...hehe
    ============================================
    @Rizal : iya si mas...tapi mo gimana lagi..nasi udah jadi ketupat...enak dimakan bareng Rizal and Bongjun...hehe

    BalasHapus
  13. @Tienko : terimakasih...selamat berhari Minggu juga...
    =============================================
    @Sky : wah...kalau selebritis...aku malah emoh banget ketemuan...kalo rame2..hehe...
    =============================================
    @Wong :lha kepriben ya kang...wis telanjur kiye...wis kudu ngode maning laa.....hehe

    BalasHapus
  14. @Kantong Meylin : hoho...mungkin lem nya kurang kuat ya...jadi gampang rontok...maklum udah mulai tuek...hehe...
    ==========================================
    @mb Ayik-SL : mbak, kalimat :" aku butuh lebih dari sekedar mental yg kuat untuk menemuimu, Yik..." ...membuatku berpikir betapa mendalam perasaan yg dia pendam terhadapmu. Posting ini tidaklah sekaliber teman mbak...tapi mungkin benar juga, bahwa berteman didunia maya dg kebebasan berfantasi akan lebih indah...lebih bebas dan lebih terasa dekat.
    Salam buat teman mu itu ya...
    ===========================================
    @Julie : Hahaha...bisa aja kamu sist....tx u
    ===========================================
    @Mas Sur : makasih ya mas....semoga...semoga aja....
    ==========================================
    @Om Rame : iya mas...setiap blogger yg ikut kopdar punya motif dan misi nya masing2....semoga Mas Rame...tetep Rame dan tambah hebat blog-nya....tx u

    BalasHapus
  15. amin. semoga bLognya Mas Srex jadi tambah Lebih hebat Lagi. yah udah kaLo gitu kita jadi bLogger2 yang hebat aja. hehehe... piss ah.
    saLam sukses seLaLu dari seorang sahabat jauh di mata dekat di hati.

    BalasHapus
  16. gimana kalau kita kopdaran sendiri Om...ana jamin kali ini bukan jantung aja yang rontok, sekalian sama isi dompetnya juga ikut rontok...hehehe
    syalam buat mbak ranee ya Om :)

    BalasHapus