Sabtu, Januari 07, 2012

Pak Asyangar & " Stroke".

Hari belum lagi beranjak siang, saat pintu kamar kerja Pak Asyangar di ketok2:..tok..tok...tok...." Aarrrrgghh...!!! ada apa sih, minggu2 gini datang ke kantorku...?", gerutu Pak Asyangar sambil menepuk pantat mbak Ranee. Sambil melepaskan pelukannya mbak Ranee beringsut turun dari pangkuan Pak Asyangar, katanya " Udahlah mas...gak usah marah gitu..siapa tahu ada tamu penting dari Kabupaten...Aku bukain yach pintunya...?" sambil tersenyum mbak Ranee membetulkan kancing Blus nya...hehe...
"Sudah aku aja yang bukain pintu dik...Kamu duduk aja di sofa".
Pak Asyangar membuka pintu dan serentak munculah seraut wajah cemas dari pak Sekdes...

Sekdes : "Pak Lurah...!! Saya mau lapor, baru saja mertua saya jatuh di kamar, sekarang lumpuh...!!".
Pak Asyangar (PA) : "Loh..kepleset..? kepalanya berdarah..? masih sadar nggak ?"
Sekdes : " Tadi Mertua lagi mandi pagi, tau2 saya dengar suara orang jatuh, terus saya buka pintu kamar mandi ternyata bapak mertua saya sudah tergeletak tak sadarkan diri...Terus saya bopong dan saya baringkan di kamar tidur".
PA : "Terus gimana keadaannya..?"
Sekdes : "Ya saya panik pak..terus saya guncang2..dia terus sadar..tapi wajahnya kosong...wajahnya perot ke arah kiri dan bicaranya nggak jelas...Saya pikir dia "Kemasukan" ya Pak...?"
PA : "Ahh...nanti dulu, jangan keburu...terus gimana..?"
Sekdes : "Terus saya panggilkan mbah dukun Samirejo...Waktu siMbah periksa katanya mertua saya kesambet Jin Penunggu Pohon Salam di sebelah rumah...dia sarankan saya potong pohon itu...terus bagaimana Pak Lurah baiknya...? "
PA : " Tenang dulu,,,jangan kebutu potong itu pohon salam Pak Sekdes...karena itu pohon Salam yang bagus, besar dan kuat, kita lihat dulu aja mertua mu yaa...ntar baru saya putuskan apa yang terbaik, Pak Sekdes pulang duluan, saya bentar lagi nyusul"
Sekdes : " Siap pak Lurah...saya pamit".

Seketika Pak Sekdes menutup pintu dan ngibrit lari keluar kantor kelurahan.
Sambil tersenyum simpul Pak Asyangar menghempaskan pantatnya di sofa sebelah mbak Ranee dan memeluknya...." Hehe...ada2 aja ya dik...Orang lagi asyik malah di ganggu...Ngrusak nikmat itu namanya...".
Mbak Ranee (R) : "Udah lah maas...mbok bergegas sana...tapi kita tuntasin dulu yuk...." kata mbak Ranee sambil melepas kancing Blus & celana Jeans nya.
PA : " Ok..Ok..ayo kamu mapan dik..." Kumis Pak Asyangar berkibar-kibar...sip..siiipp....

Sesampainya di rumah pak Sekdes, Pak Asyangar kemudian masuk ke kamar sang Mertua...Tampak asap kemenyan dan bau dupa berkepul-kepul menyengat hidung Pak Asyangar. Mbah dukun tampak mulutnya komat-kamit membacakan jopa-japu mantera pengusir setan, demit dan Jin..." Hong..wilaheng..hong wilabong...minggat kau setan dan dedemit...huah..huah...!!!" Sambil menyemburkan air kopi ke seluruh tubuh sang mertua. Disekelilingnya keluarga pak Sekdes tampak harap2 cemas, sementara sang mertua terbujur lemas dengan wajah perot kekiri, dan mata terbuka dengan tatapan kosong.

PA : " mbah Dukun...silahkan keluar sebentar, keluarganya yg lain juga silahkan keluar , biar saya dengan Bapak dan Ibu Sekdes saja yang berada di ruangan" Perintah yang berwibawa dari Pak Asyangar serentak dituruti mereka.
Pak Asyangar kemudian mendekat ke arah sang mertua sambil berkata... :"Pak...pak...bapak tahu siapa saya...?" Sang mertua menatap wajah Pak Asyangar dan beberapa saat kemudian mengangguk lemah. "Baik kalo begitu ikuti perintah saya..." Angkat ke dua tangan bapak keatas...!!", sang mertua berusaha mengangkat kedua tangannya, tapi hanya tangan kiri yang bergerak, sementara tangan yang kanan tak bergerak. " Sekarang coba angkat kaki yang kanan..!" perintah Pak Asyangar. sang Mertua tak mampu, " Angkat ke atas kaki yang kiri..!!" sang mertua sontak mengangkat tinggi kaki kiri nya. " Kemudian Pak Asyangar memegang wajah sang mertua dan memperhatikan seksama..., tampak wajahnya perot kearah kiri...berarti yang lumpuh adalah sisi wajah yang kanan, katanya " coba angkat alis mata dua2nya...!!". Sang mertua kemudian mengerutkan jidat untuk mengangkat alis matanya...dan...ternyata kedua alis matanya mampu di angkat.".
Sambil menghela nafas...Pak Asyangar berkata : " Sepertinya Bapak ini terkena serangan Stroke".

Sekdes :
" Wah...berarti bukan karena kesambet Jin dedemit ya Pak Lurah..?"
PA : "iya..bukan itu...ini tanda2 dari serangan Stroke yang tipe sumbatan...atau bahasa kerennya Stroke Non Hemorrhagic (SNH) atau Stroke yang non perdarahan, ini karena ada sumbatan mendadak dari pembuluh darah di otaknya".
Sekdes : "Kok Bisa..? penyebabnya kenapa pak Lurah..?"
PA : Biasanya akibat lepasnya gumpalan kolesterol/lemak/lipid yang mengendap di pembuluh darah, dan terbawa aliran darah menuju otak dan menyangkut disana, sehingga ada area otak yang tidak mendapat aliran darah, sehingga sarafnya mati atau rusak."
Sekdes ; Apa karena darah tinggi ya pak Lurah..?
PA : Hoho...belum tentu pak Sekdes...bisa darah tinggi bisa juga normal, yang jelas serangan sumbatan ini terjadi saat kondisi badan baru memulai aktifitas harian...seperti bangun tidur, mandi pagi atau saat sarapan...mendadak ada peningkatan denyut jantung dan aliran darah dari sebelumnya yang kondisi istirahat...itu memicu lepasnya endapan lemak atau kolesterol yang menempel di pembuluh arteri dan terbawa aliran darah ke otak".
Sekdes : "lalu sebaiknya bagaimana pak Lurah...? saya manut...?"
PA : "Ya sudah..sebaiknya secepatnya di bawa ke rumah sakit saja, karena ada periode emas {Golden Time) sekitar dua jam untuk mencegah kerusakan otak yang lebih luas...Ayo siapkan mobil Puskesmas dan langsung dibawa ke rumah sakit kabupaten yaa..!!."
Sekdes : "Siap nDan...eh, sorry...siap Pak Lurah, segera laksanakan...!!

Sambil menyalakan mesin mobil Honda Freed nya, Pak Asyangar menggeser tongkat persneling ke posisi D, Freed pun meluncur lembut....
Pak Asyangar tersenyum simpul berkata dalam hati..." Untung aja aku punya kenalan dokter ahli Stroke...jadi sedikit banyak aku sering diskusi tentang Stroke,lumayan ada gunanya...hehehe...Eh, lagi ngapain ya dia...? biar tak ajak ketemuan deh malam ini...sekalian ngajak Ranee, boleh juga kalo dia mau "pinjem"...xixixi...Aw..!!

Kamis, Maret 10, 2011

Pak Asyangar dan Pisang Goreng

Sudah dua hari ini terjadi kesibukan di luar biasanya di rumah keluarga Pak Asyangar. Rumah besar berhalaman luas itu sedang menjalani renovasi. Beberapa bagian talang air yang bocor sudah saatnya diganti, begitu juga warna cat tembok yang sudah kusam turut di cat ulang.

Pak Asyangar begitu antusiasnya dengan perubahan warna cat rumah mereka. Kebetulan pemilihan warna yang merupakan kombinasi abu2 tua dengan kuning kunyit dirasa sangat pas dengan mode cat rumah masa kini . Apalagi Pak Asyangar memilih cat yang terbaik yang mampu dia beli, dengan harapan warna nya mampu bertahan minimal 5 tahun.

Setelah selesai mengecat sebidang tembok teras rumah, Pak Asyangar meletakkan kaleng cat dan kuasnya, dia kemudian meletakkan pantatnya di kursi teras dan sejenak melepaskan kepenatan tubuhnya. Dihadapannya tersedia segelas es kopi starbak ala Ranee dan sepiring pisang goreng kepok kuning kesukaannya.

Mbak Ranee (R ) : Istirahat dulu mas….ini es kopi nya diminum dulu…ntar keburu anget kopinya, jadi gak enak lagi loh….
Pak Asyangar (PA) : Iyo dik…PA kemudian menyruput es kopinya……Hmm…enak kopinya, manis, legit, nyamleng rasaneee..…persis yang bikin…hehe….
R : Naaa….mulai lagi tho…jangan gitu ah mas…entar ada yang bangun loh….xixixi…sahut mbak R sambil mencubit lengan PA.
PA : Adoow…Cuma bilang kopinya enak aja kok kamu nyubit aku sih dik..duuhh…senangnya hatiku…hehe
R : Ah mas…ini loh…aneh2 aja kalo ngomong…., emang rasaku nyamleng gituu…? Maksudnya itu apa mazz….? Tanya mbak R sambil menggigit-gigit kecil ujung pisang goreng….
PA : Ooohh…maksudnya ya kamu ituu…manis dan enak dinikmati dik…apalagi kalo dengan kerja keras…hahaha….tawa PA sambil mengelus kumisnya yang lebat.
R : Auw..auw…auuuww….Mas bisa ajah…!!...xixixi…kan yang kerja keras itu aku….mas kan udah biasa…jadi gak gampang capek…lagian jam terbang mas kan udah banyak…gak kayak aku yang masih pemula…xixixi….tawa renyah mbak R sambil mengulum ujung pisang goreng.
PA : Hahaha…kalo pemula aja udah kayak kamu dik…wah…nggak kebayang kalo udah jadi ahli nya…hehe....sahut PA sambil merangkul pundak mbak R.

R : Maass….emang “ pemula sama ahli “ itu beda yaa…Mas suka yang mana…? Tanya lirih mbak R sambil meletakkan kepalanya di pundak PA.
PA : Hehe…gimana yaa….rasa2nya sih beda ya dik…kalo buat laki2 mungkin lebih suka kalo punya istri yang ahli…tapiiii………PA mendadak terdiam, sambil tersenyum misterius memandang mata mbak R…
R : Tapi apa masss…hayoo…..tanya mbak R sambil menghentikan kuluman di ujung pisang gorengnya.
PA : Hehe…tapiii....kalo bukan dengan istrinya,lebih suka dengan yang pemula…dik….kata PA dengan suara bergetar.

R : Ah mas…ini loh…sialan...dasar laki2…mau enaknya sendiri….Huh….kata mbak R sambil memencet pisang goreng , sampai membuat PA meringis ketakutan….

PA: Lhoo…jangan marah dong dik…kan yang Tanya kamu duluan….maksudku itu baik…mencari perempuan yang masih lugu kemudian diajarin biar jadi ahli…gituuu….itu kan namanya memberi pelajaran dan ilmu yang berguna…iya kaann…? Kata PA sambil mengedip-kedipkan sebelah matanya…
R : Iyaa…ilmu sesat itu mas….sesat tapi membawa nikmat…xixixi….
PA : Hehe…berarti aku kan orang yang baik tho dik…?
R : Iya mas…mas itu baik banget…selama nggak kepengin daun muda lagi…awas ya mas…kalo sampe kamu punya pacar lagi…Tak cokot pisangmu....bisik mbak R di telinga PA, sambil memasukkan pisang goreng penuh2 ke mulutnya….
PA : Auuuww……nyem..nyem..nyeeemmm...*kumis PA berkibar-kibar…hehe...

Sabtu, Maret 05, 2011

Pak Asyangar dan Film Horor.........(BO)

Suasana ruang tamu di rumah Pak Asyangar (PA) kelihatan tegang. Tampak Bu Asyangar duduk di sofa, disebelah kanan PA sambil memeluk kedua paha nya dengan wajah pucat, mengernyit ketakutan....Sementara itu Mbak Ranee (R) duduk merapat disebelah kiri PA juga dengan wajah tegang, bolak-balik menutupi wajahnya menahan nafas. Ahh...tampak dihadapan mereka bertiga tontonan film yang diputar oleh stasiun TV kabel berlangganan, sekilas tampak adegan dimana ada suster dengan gaun putih berjalan ngesot disepanjang koridor Rumah Sakit...dengan rambut panjang awut awutan dan mulut penuh darah....yiach...!!

BA : ichh...ngeri banget ya mas...susternya setan banget...
PA : Ahh..biasa aja bu...itu kan cuma film....gak usah takut...hehe, kekeh PA sambil menyeringai kayak kethek...
R : Aduh maasss...aku pengin pipis...aku takyuuutt....ganti ajah mas...filmnya jelek gitu kokk..., sahut mbak Ranee dengan wajah menderita bathin...
PA : entar ah...kan belum rampung film nya...sinih tak peluk kamu dik....biar gak takut...hehe.Sahut PA sambil melingkarkan lengan kirinya ke pundak R.
BA : Aku juga takut mas...mbok aku juga di peluuuk...., protes BA sambil menempelkan dada kirinya ke lengan kanan PA.
PA : Hahaha...yaa...sini ku peluk aja kalian berdua...wong cuma tontonan gitu aja kok takut nya kayak di kejar syetan sih...
R : Lhoh.. itu kan emang film setan mas...lumrah tho kalo pada takut....mas aja yang aneh, masak liat setan malah senyam-senyum....Protes R sabil nyokot(nggigit) pundak PA....
PA : Adoooww..!!! Asem...ikk...kok malah kamu nyokot aku sih dik...? emang enak apa...? PA nyengir kesakitan.
BA : Ya gitu itu mas...dik R kalo lagi kumat emang suka nyokot...hihihi....
R : Ah mbak ini loh...kumat apaan...? lha nyokot suami sendiri kan gakpapa...? daripada nyokot suami orang, entar malah akunya dikira gila...xixixi....
BA : Bukan gitu diik...cuma mau nunjukin sama mas ajah..kalo kamu emang doyan nyokot kalo lagi gemes..nih..liat...leher bapak yang sebelah kanan aja belum sembuh bekas gigitanmu....hihihi...
R :Oh iyaa...aduk kasihan mas...sini tak cokot lagi leher yang sebelah kiri ya maaas.... sahut mbak Ranee sambil mengangkat angkat alisnya...
PA : Wis...wis...wiiss...Kalian berdua itu nggak pernah serius...hehe...Lha wong nonton film horor kok malah kepengin cokot-cokotan sih...? sahut PA sambil mengelus kumisnya yang lebat....hehehe...
R : Tapi mas...kok nggak pernah protes kalo aku suka nyokot...? kata R sambil merepatkan tubuhnya di lengan PA.
BA : Uh..bapak gak bakalan protes dik...malahan merem melek....keenakan....hihihi...
R : Lho..kok malah keenakan sih mbak...tanya R dengan wajah blo'on...
BA : iyalah..pasti keenakan...wong abis itu bapak jadi tambah beringas...hihihi...
R : Ooo...jadi kalo gitu...drakula, kuntilanak...sama suster ngesot itu suka nyokot bukan karna laper ya mbak...?
BA : Iyaa....bukan karna laper tuh...tapi karna pengin "gitu"....hihihi...sahut lirih BA sambil meremas paha PA.
R : Wadow...sapa yg mau ya mbak...sama kuntilanak..hiii...
BA : Tanya aja sama Bapak...kan dia pernah cokot-cokotan sama kuntilanak...hihihi...
PA : Asem..iikk...udah...udaaahh...nggak usah ngingetin kejadian yang nggak enak ahh...Ibu ini loh...ntar bikin napsuku jadi ilang ...
BA : Ooo...tidak boleh ituuu...karna disebelahmu ada dua kuntilanak manis yang siap mencokotmu mas...sahut BA sambil memberi kode ke mbak R...
R : Iya mbak, aku siyap...aku kan udah pinter...xixixi....
PA : Ya deehh....tuh..film nya udah selesai...yok kita main film2 an...yookk..ajak PA sambil memeluk ke dua istrinya yang bahenol...
BA : judulnya apa mas...?
PA :Judulnya...? gimana kalo Dua Suster Ngesot...? hehe...
R : emoh ah mas...gimana kalo judulnya...Pak Lurah Ngesot...xixixi..
PA : Hahaha...iya deh...Pak Lurah Ngesot Dibawah Dua Suster....piyeee.....?
BA : Kok Suster...? paling pas ya judulnya Pak Lurah Ngesot diBawah Kedua Istrinya donk...hihihi...
R : Maaasss....nih aku udah mapan....xixixi..(bisik mbak R sambil membuka kedua pahanya)
PA : Ok...Ok...(kumis PA berkibar-kibar...hehe)