Kamis, Mei 27, 2010

Sea Cucumber & Cucumber

Sudah Empat hari kota Oslo di guyur hujan terus menerus. Membuat beberapa aktifitas rutinku jadi berantakan. Aku dan Istri biasa melakukan ritual Bersepeda malam atau jalan pagi sekeliling komplek , berhubung banyak genangan air dan kadang masih hujan gerimis, akhirnya terpaksa di pending dulu.

Kemarin sore aku ngajak anak-istri makan malam di luar rumah, kebetulan dapat info dari teman tentang RM (rumah makan) Chineese-Sea food yang asli, nggak bo’ong2an. Karena di kota Solo ini banyak tempat makan, bahkan yang mengaku resto makanan China dan masakan laut tapi rasanya aneh, karena telalu Manis, dan betul2 pake bumbu Jawa. Padahal seharusnya nggak begitu. Mending makan Gudeg atau ayam bakar aja kalau kepengin masakan yang manis. Padahal aku dan keluargaku adalah penggemar masakan Laut yang serba pedas dan cenderung asin.

Seperti Biasanya bila kami mau menilai kwalitas masakan RM chineese-sea food, selalu di mulai dengan menu standar yaitu : Cap Jay, Mie Goreng, Sapo Tahu-sea food, dan Cumi/udang goreng saus tiram.
Dari ke empat menu standar tersebut bisa dinilai kayak apa racikan Sayur, Ikan/daging, bumbu, dan saus. Lengkap nggak, atau malah pelit dan nggak enak…hehehe….

Penyajian tidak harus banyak sekali, yang penting penuh, dan bahannya lengkap. Seperti contoh Masakan SAPO TAHU-sea food. Ini suatu masakan Sup kental yang berisi tahu kering beserta makhluk penghuni laut laut macam udang, cumi, teripang, dan ditambah paprika hijau/merah, juga jamur, di olah dengan bumbu khas China,disajikan di mangkuk tertutup dalam keadaan panas....mmmm....yummy...


Bicara soal Teripang, tentunya para sobat sudah pada tahu, Teripang adalah makhluk laut berbentuk silinder, nama lainnya adalah Timun Laut (Sea cucumber) ...hehe….
Timun Laut (Teripang) ternyata memiliki banyak khasiat…selain menambah kenyang , berdasarkan penelitian memiliki kandungan dalam kadar tinggi zat-zat berikut :
Protein, Kolagen, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaninoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah,Chondroitin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino.

Zat2 tersebut dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit (imunitas), meningkatkan stamina tubuh dan vitalitas sexual, dan menghambat proses penuaan. Sehingga tidak heran bila Timun Laut selalu menjadi bahan masakan yang penting bagi masakan Chineese sea food.

Bagaimana hal nya dengan Timun biasa…? Ahh….kayaknya para wanita-Ibu2 sangat mengerti “khasiat” nya…antara lain ya dibikin ”Acar”…ya kan…?....xixixi….

15 komentar:

  1. memangnya khasiatnya apaan sih? Beneran dank tw :D

    Oslo hujan terus ya... kyk bogor aja :D

    BalasHapus
  2. wow teripang...!! saya belum pernah menikmatinya, tapi kalau mencari dilaut dulu emang kerjaan saya, maklum anak pesisir...

    ternyata banyak khasiat tripanag, pantasan harganya mahal...

    BalasHapus
  3. Selain dibikin acar dibikin apa lagi ya si timun darat???????

    BalasHapus
  4. Teripang timun laut y mas...hehehe
    Tripang trnyata bnyak jg khasiatx y mas...lo timun mah kesukaan bu asyangar..hahaha

    BalasHapus
  5. ah, bicara timun kok aku jadi ingat bu asyangar ya.....apa saya salah ? wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. oh... aku sering makan tripang tapi yg udah digoreng kering... cuma selama ini ngga pernah tau kandungan gizinya... baru tau sekarang. tengkyu sudah berbagi... :-) d.~

    BalasHapus
  7. hehehe...kq topiknya ga jauh dari timun....wakakakaka...

    BalasHapus
  8. @Sky : khasiatnya...bikin awet muda mas...hehehe...smpeh deh.../tx u
    ======================================
    @Rizal : iya...biasanya memang dikeringkan dulu mas, seperti ikan asin. harganya memang mahal, mungkin karena belum menjadi menu makanan lokal yaa....tx u
    ======================================
    @Girant : si timun darat kayaknya paling enak buat acar tapi bisa juga buat lalapan, lotis dan buat adonan facial mas...hehehe...mau...?/tx u

    BalasHapus
  9. @mbQ: setuju mbak...di lalap ajah..hehe....tx
    =======================================
    @Arief: asem...ikk...untung ggak kebalik ya mas...teripan jadi "acar' nya bu Asyangar...xixixi.....tx uuu....
    ======================================
    @mbak Ayik-SL: nggak salah ...malah 100% bener mbak...hehe...asik asiiikk....trims...
    =======================================

    BalasHapus
  10. @mb Dee : he-eh mba, dimasak pedaspae cabe ijo + tauco dikit..wah..enaknyaaaa.....(upin.com) tx u
    =====================================
    @Ntx: hehe..memang begitulah nasib si timun mas...sering jadi bahan manipulasi...hehehe...tx yaa...

    BalasHapus
  11. kalau di planet natuna namanya teripang itu disebut gomot hehehe,..

    BalasHapus
  12. @BongJovi: Gomot....? wah kok aneh ya...? kayak barang yg bisa di 'emut'...xixixi

    BalasHapus
  13. hahaha...pemilihan imga e timunnya itu loh yang bikin imaji kita jadi kemana-mana, wkwkwk....

    BalasHapus
  14. @mas Tri : hehe..mirip punya' kita ya mas...hueheheh.,,,,

    BalasHapus