Sabtu, Oktober 11, 2008

BUMBU MASAK (VETSIN)....BERBAHAYA.?


Akhir2 ini aku jadi bingung kalo lg di pasar..mau belanja apa ya yang aman untuk kesehatan....? katanya tahu diformalin, ayam ? ntar ayam tiren (mati kemaren/bangkai), daging sapi ntar glonggongan, sayur2 an...ah banyak pestisida...ikan laut juga banyak yang diformalin, gitu juga cumi2 kering/ikan asin....masak cuma tempe doank yg jelas2 aman?...gak bakalan jadi tempe tu kedela kalo kena bahan kimia...Kenapa bisa gitu ya...? kenapa para pedagang melakukannya? kok tega....kalo baca dikoran sih alasan mereka karna motif ekonomi, demi mencari keuntungan yg lebih besar...wah....ini sih baru ekonomi mikro.
Tahu gak ada yg lebih bahaya lagi dibanding kenakalan2 orang2 pasar...yaitu vetsin atau MSG (monosodium glutamat). Suatu senyawa kimia yg digunakan untuk mempertajam citarasa makanan di lidah kita. saya sendiri ragu2 apakah negara2 asing yang menciptakan MSG itu masih memperbolehkan konsumsi MSG di makanan mereka sehari-hari? tanpa batasan aman pada bayi/anak2..? Coba kita lihat disekitar kita yang namanya makanan instan itu penuh dengan MSG dan garam natrium itu udah jadi menu sehari-hari sebagian besar orang indonesia, iklan TV, koran, radio bahkan iklan buka puasa, lebaran dan lain2 kok isinya tentang nikmatnya makan mie instan....panteslah kalo indonesia dibilang produsen dan konsumen mie instan yg termasuk terbesar didunia...lalu apa bahayanya? nanti tunggu 20, 30, 40 , 50 tahun lagi anak2 kita akan menjadi generasi yang penyakitan, entah kanker, jantung, hipertensi, dan gangguan imunitas serta metabolisme.....besok2nya...lalu obatnya darimana....ya dari negara yang menciptakan MSG itu....Jadi sebenarnya kita itu dibodohin buanget, sekarang mereka bikin produk2 instan ber MSG, kasihkan orang2 indonesia...lalu mereka bikin obat2an untuk efek sampingnya di masa depan yang dikelola oleh anak2 keturunan mereka sendiri..jadi sebenarnya kita ini udah dijajah secara ekonomi sejak dulu, sekarang dan besok dimasa depan....kurang ajar banget ya mereka itu....Emang kita gak bisa terus protes teriak2 dg dalih kesehatan, karena motif ekonomi selalu dimenangkan....yang penting buat kita ya beri pengertian pada anak2 dan keturunan kita tentang bahaya MSG dan makanan instan..kita lindungi keluarga kita dari ancaman mengerikan dimasa depan mulai dari sekarang... Padahal jaman dulu nenek moyang kita gak pernah masak dengan ditambahi MSG, mereka pintar mengolah bumbu tradisional dg perbandingan gula dan garam yg tepat, masakan2 mereka justru terasa luar biasa nikmatnya....kita tirulah resep2 tradisional nenek moyang kita...jangan cuma jadi generasi yg serba instan lah...ntar hidup kita dan anak cucu kita juga jadi instan..

5 komentar:

  1. Harusnya suamiku nih yg baca ini.. dia hobi banget makanan yg ada vetsinnya. Nita berusaha makan makanan yg sehat, biar agak gurih paling dikasih gula dan garam. Gimana ya, biar suami "cocok" sama makanan yg nggak pake vetsin. Sebenernya sih nggak pake vetsin beneran, paling pake R***O atau M****O.. eh.. sama aja kali ya..?

    BalasHapus
  2. Sama aja mbak, semua mengandung MSG, coba biar lebih "taste", mbak bisa tambahin irisan udang ato cumi2 untuk masakan tumis/oseng-oseng, untuk masakan berkuah bisa ditambah kaldu ayam/sapi murni, jgn lupa takaran garam dan gulanya harus pas, untuk masakan yg pake santan jgn lupa dikasih gula merah dikit...pati dijamin nikmat...tanpa MSG.

    BalasHapus
  3. saya juga termasuk generasi yang dilahirkan, didalam masa yang menawarkan berbagai jenis produk yang berbau "MSG", ya mie instan, ya bakso (pake vetsin kan), ya makanan ringan, ataupun masakan siap saji yang kita gak tau dia ngolahnya pake apa, yang jelas tinggal makan, enak.
    sekarang tapi udah mulai nge-rem. takut juga bahayanya buat beberapa waktu kedepan. mi instan stop dulu, bakso dikurangi, paling aman ya masak sendiri.

    BalasHapus
  4. Good...kita mulai dari diri kita mbak... Sbagai tambahan info: skarang banyak kasus anak autis, hiperaktif, gangguan/cacat dlm kandungan, disinyalir krn wkt mengandung si ibu terpapar MSG,over. Blm ada laporan penelitian resmi sih...mungkin br faktor resiko.

    BalasHapus
  5. Sip mas infonya. kl ketemu, aku pasti dapat mendengarkan info lebih banyak lagi nih...
    Kayak apa pembunhan massal secara pelan2 ya...
    (masfafa@yahoo.com)

    BalasHapus