Kamis, Januari 08, 2009

Aku-Saudaraku, 30 tahun & Blogger


Tahun Baru kemarin benar2 memberi kesan yang sangat luar biasa bagi diriku dan keluargaku
Aku bertemu dengan saudara2 ku yang sudah lebih dari 30 tahun tidak pernah bertemu.
Kok Bisa …?

Ayahku (Steef C.Koraag)adalah orang Manado, mempunyai satu orang kakak, mereka mempunyai jarak usia yang cukup jauh, terpaut 15 tahun-an.
Kakak ayahku benama Bastian Koraag, beliau dinas di AD (Kostrad), istimewanya adalah beliau memiliki 11 orang anak dan perempuan semua!.....Mereka semua tinggal di Jakarta.
Sedangkan pihak kami (Ayahku) memiliki 3 orang anak, laki-laki semua.
Memang sejak kami kecil, kami jarang bertemu dengan saudara2 kami, entah alasan nya apa aku tidak tahu. Bahkan beberapa dari saudara2 ku itu ada yang belum pernah bertemu dg ku sama sekali. Terakhir bertemu saat usiaku 10 tahun, itupun dengan beberapa orang saja.



Setelah Kakak ayahku meninggal, maka makin jarang kami melakukan kontak, terlebih-lebih setelah ayahku juga meninggal dunia sekitar 10 tahun yl, kemudian kami pindah rumah. Hubungan kami terputus sama sekali,kami tidak pernah kontak sama sekali karena memang tidak mengetahui akses untuk menghubungi mereka, ditambah aku dan adik2 ku sudah berpencar menjauh dari kota kelahiran kami.

Saat aku mulai aktif nge-Blog…barulah akhirnya saudara2ku dapat menemukan aku, setelah mereka membaca posting2 ku mengenai asal-usul keluargaku….Komunikasi kemudian kami lakukan dengan gencar, baik lewat telpon, sms dan email, bahkan salah satu saudaraku yang bernama Adelaida , langsung dalam waktu 3 hari berkunjung menemuiku di Salatiga sini bersama suami dan anak mereka dan yg istimewa adalah Oma (istri kakak ayahku) masih sehat!, berusia 79 tahun….Yah..aku begitu terharu saat bertemu Oma, benar2 tokoh masa lalu, saksi sejarah asal-usul kekuarga kami yang masih hidup!





Menjelang tahun baru kemarin aku sekeluarga berkunjung ke Jakarta dan bertemu dengan saudara2ku semua beserta keluarga (anak dan suami) dan tentunya Oma. Rasanya excited banget, bayangkan saat dulu terakhir bertemu, mereka melihat aku masih anak kecil, begitu bertemu lagi kami sudah membawa anak2 dan bahkan sudah ada yang mempunyai cucu…..rasanya gak puas2 nya kami bercerita tentang keluarga masing2, tentang orang tua kami.dan semuanya kami tumpahkan….Ya Tuhan…engkau begitu baik mempertemukan diriku dengan saudara2 ku yang tercinta.

13 komentar:

  1. suka foto-foto yang hitam putih ... kayak film2 tempo dulu

    BalasHapus
  2. Wah senangnya bisa kumpul bareng lagi...selamat ya mas...

    BalasHapus
  3. aktif ngeblog ternyata memiliki kekuatan yg sangat luar biasa.he..he..akhirnya aku tahu juga silsilah tuan rumah blog ini.

    BalasHapus
  4. Ya ampun.. merinding lho nita bacanya... Alhamdulillah bisa bertemu dengan sanak saudara, ternyata hikmah menjadi blogger sangat indah... Bukan hanya bisa bertemu dengan keluarga (asli) yang tidak pernah bertemu, tapi juga dengan "keluarga baru".. teman2 kita...

    BalasHapus
  5. seneng banget yak...

    hmmm..pasti mengharukan
    yuk keep ngeblog!

    BalasHapus
  6. wah...turut seneng y om...duh ga ke byng tuh gmna rs'y psti seru bgt deh.Mdh2n klrga my jg bsa ngmpul ky gtu smpe tua ttp b'stu he....congratulation...sneng jg tuh klo ngliat fto2 jadul he...it's meaningfull...

    BalasHapus
  7. @mb Ely: Foto kuno emang menarik...karena selain hitam putih, juga mengandung sejarah masa lampau...itu yg bikin jadi menarik...
    ===============================================
    @Ms.Green : Ma kasih mbak....seneng banget kayak anak kecil jadinya....ketawa-ketiwi, cipika-cipiki...hehehe....
    ===============================================
    @mb.KD Safitry : Hidup Blogger!
    ya gitulah asal-usul keluarga kami mbak.....asli Indon
    ===============================================
    @Mb Anita : itulah mbak....hikmah blogger ! nambah saudara bangetz, terutama keluarga dari Bandung!
    ===============================================
    Mb Elly : Thanks mbak! tetap ngeblog....semangat...semangat!!!!
    ===============================================
    @mb Maia : iya ...udah lama gak ketemu...begitu ketemu...adanya takjub!, foto2 jadul nya masih banyak tuh.....kapan2 tak posting.

    BalasHapus
  8. wah hebat ya, kita bersaudara bisa nyambung lagi tali silaturahminya,salam buat keluarga

    (terry koraag)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah...bertemu dengan orang baru adalah hal yang menggembirakan, dan bertemu dengan keluarga yang telah lama terpisah adalah hal yanga ruaarrrr biasaaa!! :) :)

    Semangatt..semangaaattt....:D

    BalasHapus
  10. wah keluarga besar ya. pastinya menyenangkan akhirnya bisa kumpul semua

    BalasHapus
  11. @mb Terry : iya mbak, keluarga kita emang istimewa, penuh variasi...kombinasi yg unik....dari 2 beranak pinak gak karuan banyaknya...

    @mb Kristin : yg itulah kenyataane mbak, stlh kopdar br kerasa senenge nduwe sedulur okeh...belum saudara2 blogger ya..?

    @mb Nita : makasih mbak, kami memang jd keluarga yg besar kali...butuh tempat luas buat reuni tuh...

    BalasHapus
  12. Dunia maya semakin nyata...!
    30 tahun terpisah bisa saling jumpa..!

    BalasHapus
  13. @Mb Shanty : thanks to cybernet!, lebih baik terlambat daripada tidak pernah jumpa sama sekali....Tx komentnya mbak.

    BalasHapus