Museum ini sebenarnya adalah stasiun KA yang dibuat pada zaman penjajahan Kolonial Belanda. Merupakan rangkaian jalur kereta api mulai dari stasiun Tuntang (5km kea rah Semarang) dan membentang sampai dengan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Melewati medan yang berkelok-kelok dan tanjakan pegunungan.
Namun pasca perang kemerdekaan jalur tersebut sudah tidak difungsikan karena jalur jalan raya yang menghubungkan semarang-purwokerto sudah diperbaiki sehingga waktu tempuh bisa dipersingkat ketimbang naik KA uap.
KA yang disimpan dimusium tersebut berupa lokomotif uap yang di produksi oleh Negara Jerman.
Karena medan yang dilalui adalah tanjakan2 maka jalur KA tersebut menggunakan rel tambahan yang bergerigi di tengah-tengah rel yang disambung dengan roda gigi yang berada di bawah badan loko.
Uniknya dimusium ini tidak hanya menyimpan Loko, tetapi juga segala pernik2 yang berkaitan dengan sejarah KA tempo doeloe.
Mulai dari loket peron, mesin karcis, alat komunikasi/sinyal, mesin ketik, lampu2 isyarat bahkan seragam pegawai KA jaman baheula lengkap tersedia, dan semuanya asli! Bukan replika.
Pokoknya di museum ini kita seolah-olah kembali ke masa lampau, zaman orangtua/ kakek-nenek kita.
Kayak di film Harry potter…Cuma gerbongnya enggak semewah itu.
Kalian punya pengalaman / cerita apa aja tentang Kereta Api?
Marvel Snap Door Codes
1 hari yang lalu
wah sy yg pertama ngaso komentar nich,....pengalaman pahit kecopetan antara bandung-jogja. tapi sy kasian sama tu copet, soalnya dompetku kosong nihil hehehehe, udah sehat mas,om,pak srex ?
BalasHapusudah lama pengen naik mas.. kayanya asik bgt ya.. liatnya cuma di tv ato di film doang.. keretanya msh layak ya mas?
BalasHapusliat foto kedua jadi inget waktu naik kereta uap mengular tut..tut..tut... di pegunungan austria sambil sesekali menerjang kabut dan melihat pemandangan di bawah masya Allah cuantik banget
BalasHapusapa kabar nih ? sudah membaikkah dari sakitnya ?
met hari rabu ya n keep smilling
lho..kapan pergi ke sana? kok ke museum KA nggak ajak2 Adit sih.. Bikin ngiler aja deh.. (emangnya Iso, iso dimakan?? hahahhahaha..)
BalasHapusada wisata kuliner di tv-tv tapi mas kok milih wisata sejarah KA,memang sih kalo dipikir, ga nyaman juga naik kereta uap di jaman sekarang ya, bau asap gerbongnya. hehe..
BalasHapusDari dulu saya pingin naik kereta api ini dan liat/ masuk museum KA ini tapi belun jadi2..
BalasHapusmalah anak2 udah pernah kesana sama sekolahannya.
@Anonim: ngerti gitu, harusnya dompetnya pencopet gantian kita copet aja ya mbak..hehehe,,,
BalasHapus===================================
@mb Meidy : keretanya yang di depo masih layak pakai...tp uma buat wisata (rombongan) biayanya sekitar 3-4 jt dg 2 gerbong..jadi kalo rombongan besar dg dua bus...ya ringan lah biayanya...
===================================
@ mb Ely: istimewanya di negara eropa/austria memang KA wiata pegunungannya masih dipelihara baik ya mbak..bersyukurlah bisa ngrasainnya...aku malah jadi yg kepengin ke sono..hmmm gak tau kapan bisanya...
===================================
@mb Anita : yah pokoknya kalo Adit maen kesini...ntar Om ajakin main ke museumnya....Jajanannya murah2 dan enak mbak disitu....ada juga soto babat dan iso...tinggal ngatur apperture n speed nya hehehe....
===================================
@ iyo mas....tapi disini sekaligus wisata sejarah ada wisata kuliner nya juga tuh....caobain deh main kesono...
===================================
@ bung Andi: makasih dah mampir...blog nya informatif banget....ntar kapan2 ak ikut nimbrung ya.....
Pengalaman pribadi tentang KA tidak ada yang istimewa.
BalasHapusTapi KA di blog ini berbeda. Ada ketertiban, kesantunan dan justu merasa ada suasana borju, meski belum pernah kesana.
Trimakasih atas infonya, ternyata manusia masa lalu banyak meninggalkan pesan di sentral Jawa.
Ditptku g ada KA, kl mo naek hrs ke madiun ato ngawi dl.
BalasHapusTapi tiket KA ama pesawat beda dikit ya...mending pswt deh...tp kalo mas srex mo byarin aku tiket, mau aja ngikuuut.....hwehwehwe..
memang segala sesuatu yg berbau vintage classic emang..menggoda..
BalasHapusmoga satu hari bisa mewujudkan mimpinya mas, nggak ada yg nggak mungkin didunia ini khan ?
BalasHapusBesok Insya Allah postingan terbaru di blogku akan menampilkan foto2 saat aku sama belahan jiwaku naik kereta itu di pegunungan austria mas, dilihat ya, thanks
kayaknya terompetnya boleh juga tu mas, hehehe....
BalasHapustapi tampilan KAnya dah keren n mengkilat ya...
ga kayak di film2 perjuangan..
pengakuan : komentar pertama dr anonim itu saya. hehehe,....sorry lupa ngasi link-nya.
BalasHapusmenurut cerita, hasil jerih payahnya seharian pencopet tadi hilang karena kecopetan juga. The end.
eh,...ini masalah copet apa kereta api ya,...?
@mb Shanty : meman KA kuno itu exotic banget, makanya sering di pake untuk pengambilan adegan film maupun videoclip...pernah malah upacara perkawinan di adakan di stasiun sini...komplit dengan KA beserta karyawan2nya...luar biasa banget mbak!
BalasHapus===================================
@ mb moerti : beresss mbak...tiket masuk stasiun KA cuman Rp3 ribu kok...hehehe....
===================================
@mas Icang : setuju mas...clasis dan antique...exotic juga, makasih dah mampir, salam kenal ya....
===================================
@ mb ely : bagus banget ya...KA yang reguler khusus wisata di Austria sono...jurusannya kemana aja mbak...apa ya nyebrang smpai ke jerman juga?
===================================
@mas Dedy...iya mas, KA terawat kok, bukan cuma yg di pajang, tapi yg masih operasional di deponya juga terawat baik, sering di pake juga buat study anak2 kuliah teknik mesin dll.
===================================@bang Bongjun : hehehe...kalo di Indonesia masalah KA dengan pencopet itu gak terpisahkan mas.....ya kan...?
@mb Shanty : meman KA kuno itu exotic banget, makanya sering di pake untuk pengambilan adegan film maupun videoclip...pernah malah upacara perkawinan di adakan di stasiun sini...komplit dengan KA beserta karyawan2nya...luar biasa banget mbak!
BalasHapus===================================
@ mb moerti : beresss mbak...tiket masuk stasiun KA cuman Rp3 ribu kok...hehehe....
===================================
@mas Icang : setuju mas...clasis dan antique...exotic juga, makasih dah mampir, salam kenal ya....
===================================
@ mb ely : bagus banget ya...KA yang reguler khusus wisata di Austria sono...jurusannya kemana aja mbak...apa ya nyebrang smpai ke jerman juga?
===================================
@mas Dedy...iya mas, KA terawat kok, bukan cuma yg di pajang, tapi yg masih operasional di deponya juga terawat baik, sering di pake juga buat study anak2 kuliah teknik mesin dll.
===================================@bang Bongjun : hehehe...kalo di Indonesia masalah KA dengan pencopet itu gak terpisahkan mas.....ya kan...?
Salam kenal, first visit. Sejak dari kecil saya suka sekali dengan kereta api, hanya saja sekarang jadi jarang naik kereta api setelah tinggal di Kalimantan yang ndak ada kereta apinya.
BalasHapuskereeeen... semacam-liputan kamu menarik. benar,,, harus mau melacak sejarah dan mengenang tanpa memihak. sebab bagaimanapun sajarah hanya masa lalu ^.^
BalasHapussuka,,,saya sukaaa naik kereta...
sayang banget di t4 dq gak ada spuur
BalasHapus@den.masrul: makasih dah mampir dan komen nya. kalimantan mana ya mas?
BalasHapus@non putri: makasih dah mampir, sejarah adalah salah satu guru kita yg terbaik...
@mas Nyante .a.lae : tx udh mampir, di Sibolga ya mas? Dulu lulusan stpdn? Tp bandung kan ada Spoor...ntar tak maen ke sono.