Jumat, November 21, 2008

Mas Pengamen


Peristiwa siang itu terulang lagi,untuk yang kesekian kali..... ya kujumpai hampir setiap aku ada waktu jemput anakku pulang sekolah.

Diantara deru lalu lintas jalan raya di depan sekolah, terdapat halte bis, aku biasa parkir dipinggir jalan dekat halte tersebut sambil menunggu saat bel bubaran sekolah. Terdengar lagi petikan gitar di barengi nyanyian dengan suara yg menurutku cukup lumayan, petikan gitarnya juga baik tidak sekedar ecek-ecek doang.

Mas Pengamen...dia lagi yang ada disitu, selalu.....disaat siang terik, dia istirahat di halte ini sambil menyantap gorengan dan segelas es teh yg dijual oleh ibu pedagang di halte itu. Setelah rasa lapar hilang, selalu dia kemudian memetik gitarnya dan menyanyikan lagu2 pop,religi, kadang campur sari, bahkan pernah lagu2 irama latinnya Carlos Santana....buseet...keren juga, tapi satu yang paling ku suka dia nggak pernah nyanyikan lagu dangdut.......cocok deh denganku.

Dia hibur para supir angkot, tukang becak,tukang parkir, pedagang makanan asongan dan tentunya para penjemput anak2 sekolah termasuk aku, dan baiknya itu gratis..., dia gak menarik bayaran/uang buat pendengarnya...hehehe.....Satu persatu dia nyanyikan lagu...sekitar 15-20 menit. Biasanya bila dia mulai beraksi, kumatikan lantunan CD, kubuka lebar kaca jendela mobil dan menikmati lantunan suaranya...asyik juga....

Pernah aku ngobrol dengan dia, kutanya ; ”namamu siapa mas?” jawabnya ; ” wah...nama buat saya ngak penting pak...saya orang melarat..nggak penting nama saya diketahui orang, cukup panggil saya mas aja deh....” Aku tersenyum....jaga gengsi juga ni orang...Kutanya lagi ; ” sehari bisa dapat duit berapa mas...? jawabnya : ”yah kalo lagi sepi sekitar 20 rb, kalo lagi rame ya bisa 50 rb pak...” Lumayan juga yah.....Terus mau ngamen sampe kapan mas? Jawabnya ;”nggak tau pak, soalnya dengan nyanyi ngamen kayak gini selain dapat duit, saya juga merasa nyaman, merasa terhibur dengan kesedihan atas kemelaratan saya...” Oohh gitu ya.....batinku; puitis juga orang ini....

Yah manusia memang makhluk yang aneh sekaligus unik...ada saja cara mereka untuk survive, cara mereka berkarya dan menikmati hidupnya. Memang kalo orang sudah mencintai pekerjaanya, maka batas antara beban/stress dan hobby/rekreasi akan hilang, lebur menjadi satu....yang ada adalah rasa senang (enjoy) di dalam menjalankan pekerjaannya.

Bel berbunyi, anak2 mulai bubar dari sekolah........

Sayup-sayup masih kudengar lantunan suaranya. :.”...dan demi nafas yang telah Kau hembuskan dalam kehidupanku ku berjanji ku akan menjadi yang terbaik....menjalankan sgala perintah Mu menjauhi sgala larangan Mu.......adalah sebaris doaku untuk Mu......na..na..na .....jreng...jreng....dst” (ungu).

6 komentar:

  1. waks 50 ribu sehari, sebulan lebih gede dari gaji sayah!! *apa aku ganti propesi aja yah jadi pengamen?*

    BalasHapus
  2. Ahh...mb ini bisa aja...masa mau ngamen? 50 rb itu paling dia dapet pas rame ky lebaran kmaren.
    Belom bobok si Adit? ni aku lg nonton RCTI, acara The sound of Musi....hebat,spektakuler...penonton n artis nya top dah...setting panggung dg latar belakang jembatan n s.musi bagus banget...salut wongkito !

    BalasHapus
  3. percaya ga mas,
    pengamen - pengamen ini sebenernya memiliki potensi yang besar dalam dirinya, alias mereka sebenernya memiliki talenta yang ga tersalaurkan
    karena ga ada kesempatan, biaya, dll.
    contohnya ada salah satu pengamen yang akhirnya menuai sukses ke industri musik setelah melewati ajang pemilihan pencarian bakat.
    nasib juga kali ya??

    BalasHapus
  4. @ bener Tika...itulah yg namanya talenta...dia akan menjadi sekedar talenta aja seandainya tidak disalurkan bakatnya....kan mirip mutiara terpendam didasar lautan...dia baru bermakna setelah mncul ke permukaan...memberikan kebahagiaan kepada semua orang...

    BalasHapus
  5. Apapun jenis kerjaan, asalkan itu halal, tidak merugikan org lain, dikerjakan dgn enjoy... Pasti akan diberkati.. Tak penting berapa angkanya..

    BalasHapus
  6. @hellen: betul skali, sbenarnya itulah inti dari posting ini....

    BalasHapus