Rabu, November 05, 2008

Observer dan Tukang Parkir


Kemarin ketemu dengan pak Warso, tukang parkir di parkiran pegawai. Biasanya dia cuma ngasih salam ; sugeng enjang pak.....(selamat pagi pak), dan biasanya aku juga jawab yg sama juga, tapi kali ini disambung nanya yg lain ; (di Indonesiakan) Pak...kok hari ini keliatannya agak lesu....ada masalah ya?
Wah.....saya malah kaget, kok tau darimana dia kalo aku agak lesu? terus dia bilang: Saya hapal kalo bapak parkirnya gak mau atret dulu brarti lagi lesu...biasanya bapak kalo parkir pasti atret dulu, biar moncong mobil gak menghadap panas matahari, terus bapak mengelilingi mobil sekali, baru nyalain alarm.
Wah....aku jadi kagum...ternyata paK Warso ini juga pengamat yang baik ya....padahal ada puluhan mobil ditempat parkir pegawai, tentunya puluhan orang yg dia amati perangainya tiap hari....sampai di kantor aku masih terus memikirkan omongan pak Warso...Ternyata untuk menjadi seorang pengamat (observer)yang baik, tidak hanya milik orang yang berpendidikan/ber titel tinggi dengan mengamati peristiwa2 yg berskala nasional atau internasional...hal2 yang sepele seperti yang dilakukan pak Warso dalam kesehariannya pun ternyata tidak kalah dengan yg dilakukan oleh (yg mengaku) "observer" yg sering tampil di media cetak maupun TV dengan ulasan2 nya yg kadang sering bikin kepala jd tambah pusing...dengan gayanya yg sok tau, gak pernah mau kalah....
Saya pikir apa yg dilakukan oleh pak warso gak kalah bobot nilainya dibanding para pengamat2 yg hebat2 itu. Apa yg dilakukan oleh pak Warso itu didapat dari suatu proses, sama dg para pengamat2 yg terkenal itu. Pak Warso belajar dari kejadian2 yg terjadi dalam kehidupan sehari-harinya, mengambil dan mengumpulkan data, kemudian dia olah menjadi suatu kesimpulan dengan nilai signifikansi yg tinggi....sehingga bila ada suatu kejanggalan, maka dia berani mengambil suatu kesimpulan pasti telah terjadi sesuatu......ya sebatas itulah...




....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar