Jumat, September 17, 2010

Pak Asyangar & Lebaran Ketupat

Sore hari dirumah berhalaman luas yang asri itu, tampak Pak Asyangar mengenakan kaus singlet dan celana pendek lagi asik merebus ketupat di halaman belakang sebelah dapur. Sesekali dia menambahkan kayu bakar untuk menjaga api tetap menyala. Tak dihiraukannya asap tebal yang menyelimuti , buat dia…aroma asap inilah kunci dari nikmatnya rasa ketupat yang dia masak.

Sementara itu mbak Ranee dan Bu Asyangar dengan cerianya mengolah daging sapi untuk dimasak Rendang dan sayur sambal goreng sebagai teman makan ketupat.
Tak henti2nya mereka bertiga saling bergurau dan tertawa. Apalagi tingkah mbak Ranee yang begitu centil dan sering kacau saat meracik bumbu menjadi bahan canda mereka bertiga. Sebagai istri yang senior, bu Asyangar terlihat begitu telaten mengajarkan ilmu meracik bumbu dan mengolah masakan kepada mbak Ranee, yuniornya…hehe.

Begitulah suasana suatu sore menjelang lebaran ketupat di rumah keluarga Pak Asyangar………….

Pak Asayangar (PA) : Bu….Rendangnya jangan terlalu pedas yaa….(seru Pa Asyangar sambil membalik ketupat di tungku rebusnya).
Bu Asyangar (BA) : Iya pak…ini cabe nya cuma seperempat kilo aja, digiling kasar kok jadi nggak begitu pedas …(sahut BA sambil mengusap peluh di jidatnya).
Mbak Ranee (R) : Loh…cabe kalo digiling kasar emang nggak terlalu pedas tho mbak…? (Tanya mbak R sambil memasukkan santal kental ).
(BA) : Iya dik….yang pedas justru biji cabe nya…makanya kalo mau lebih pedas…. tinggal di giling halus ajah…gitu looo…..
(R) : Ooo…gituuu……Padahal aku suka yang pedas loh mbak…tapi gakpapa…., ntar tinggal ditambah cabe ulek ajah….
(PA) : (Sambil mengangkat ketupat yg hampir asat airnya) Hoho…cobain nih !…ketupat bikinanku ...pasti mantap…!! ,apalagi di makan sama Rendang…Wow….dijamin top dah…!!
(R) : Iya mas…aromanya ajah udah ketahuan kalo enak banget ketupatnya…Ranee boleh nyicipin ya maass…..(Ranee merayu genit sambil memeluk pundak Pak Asyangar dari belakang….)
(PA) : Boleh…boleh…tapi tunggu Rendangnya matang dong…. Udah matang Bu…Rendangnya..? (sambil meremas pantat mbak Ranee…)
(BA) : Bentar lagi mas…ini udah mulai keluar minyaknya…udah empuk dagingnya…, mau cicip…? Sapa tahu kurang pedas…ntar kurang Hot rasanya…hihihi……(tawa BA sambil ikut2an mencubit paha mbak Ranee…hehe..)
(R) : Aku ajah yang nyicipin ya mbak..!!…pake piring kecil ya mbak….aduuuhh…udah gak tahan nih…laperrr…….(seru mbak Ranee, dengan tampang memelas…)
(BA) : Aih..aih……kamu kok lucu tho dik…..kalo lagi kepengin, kayak anak kecil ajah…nggak bisa diampet…hihihi…
(R) : Aduh abisnya.…aku belum pernah asik masak kayak gini mbak…apalagi masakannya istimewa banget….aduuuhh….perutku keroncongan niiihh….
(PA) : Hahaha… Ranee…ranee…..sabar dikit ‘napa sihhh …nggak bisa ngampet kalo udah napsu…hehe…iya tho Bu….
(BA) : He-eh Pak…persis …ya gitu itu bawaannya …..kalo udah kepengin ya kudu diturutin..xixixi…nggak mau ngalah…maunya duluan……hihihi…..(kata Bu Asyangar sambil melirik ke selangkangan Pak Asyangar).
(R) : Ah mbak ini loh…nyindir ajah…aku kan belum pengalaman kayak mbak…jadi belum bisa ngampet kepenginan-nya…..(sahut mbak Ranee sambil me-melet2kan lidahnya)
(BA) : Hihihi…dik..dik…kalo kamu gitu terus…ntar jadi nggak tahan lama loh….hihihi….cepet dapetnya…padahal bapak belum apa-apa…hihihi….akunya yang kecapekan dik…buat nuntasin…..padahal kan kudunya tugasmu kan.…hihihi…jadi kebalik neh……
(R) : Mmm…gitu ya mbak…berarti akunya yang salah dong…aduuuhh…… maaf…maafin Ranee ya mbak….
(BA) : Gakpapa dik…biasalah…hampir semua perempuan kayak gitu kok…hihihi……
(R) : Kenapa mbak….? Kok hampir semua perempuan gitu…? Gitu apanya mbak….?
(BA) : Ya gitu itu……persis anak kecil….! Yang lagi dapet mainan baru…hihihi…maunya duluan…maunya nomer satu…nggak mau ngalah…hihihi….
(R) : Ahh masa’ siii……duuhh…jadi malu ahh….abiiiiiss …enyak…enyak si mbak ….xixixi…..
(BA) : Naaa…tu kaaan… betul kaannn….kalo soal enak….perempuan nggak pernah mau kalah….hihihi….
(R) : Ahh mbak ini…bisa ajah…..Lha kok mbak nggak gitu…malah banyak ngalahnya kalo sama aku…?…hayooo…..(sahut mbak Ranee sambil mencolek pinggang Bu Asyangar…)
(BA) : Hihihi…dik…dik Ranee….mbak itu udah 14 tahun menang terus…..jadi nggak masyalah kalo sekarang banyak ngalah…..memberi kesempatan pada yang muda…hihihi….malah asik loh…bisa nontonin….hihihi…aw…!
(R) : Iiich…mbak ini loh…..ngaco ahh….jadi malu aku….(jerit lirih mbak Ranee…sambil mengatupkan pahanya).

(PA) : Hahaha…lucunya ….bojo2ku…. Ternyata sama aja ya …laki dengan peremuan…..kalo punya mainan baru ya gitu itu….. Udahan yaa….Ayo kita mandi bareng-bareng yook,.….ketupatku udah siap nih….!...hehe.

18 komentar:

  1. maian baru mbak ranee dimandikan juga ga yah???
    ketupat sama opor bebek juga mak nyusss enaknya :D

    BalasHapus
  2. @mas Tri : ikut dong mas...perlu di jamas rutin...xixixi...

    @mb Ayik-sl : bole...bole...tapi ntar Reza tahu..., malah ngikut.,xixixi..

    BalasHapus
  3. Waduh...pengen ngicip kupat rendangnya nih... tapi takut pedes (meskipun cabenya 'cuma' seprapat & diuleg kasar...) Mbayangin aja ah...
    Selamat bodo kupat pakdhe asy & mainan2nya..

    BalasHapus
  4. makin mesra aja asyangar family ini hee..he...
    ketupat dan rendang memang pasangan yang pas ndan hee..he..

    BalasHapus
  5. mas.. mas.. kalo questioner yg biasa dipake untuk menganalisa 'masalah' para pasien itu, bisa juga ngga ya dipake buat menganalisa bu A?

    kalo mbak R siiiyyy ngga usah pake questioner itu deh, jitak aje beres, he he he.. tapi sumpe deh.. jangan2 emang ada 'spesies' baru perempuan, atau bu A ini yg anomali? :D

    ** tetep pengen ngejitak pak A dan mbak R plus bonus ngelirik judes pada mbak R, ha ha ha ha ha.. peaceeee ;-) ** d.~

    BalasHapus
  6. Hahahahaa....
    Like always ya mas Srex.... story Pak Asyangar ini makin hari makin hot dan sudah pasti tidak bisa ditebak kemana ceritanya. Hanya sang penulis yang tahu kemana cerita ini akan dibawa.
    Saya biasa baca, even kadang ga komen -- maklum bacanya dari bb, repot komennya :).

    Minal Aidin mas srex. Salam buat ibu dan ranee ... LOL.

    BalasHapus
  7. Keluarga p. Asyangar ki emang bikin gemes yang mbaca aja... hahaha...

    BalasHapus
  8. Jiah... makin nakal aja Mba Rane dan Bu Asyangar.. :D

    BalasHapus
  9. cabenya seperempat kilo?

    gilaaa....itu mau dimakan?


    mules...

    BalasHapus
  10. @Mechta :makasih mak...Selmat Lebaran juga....
    O ya, rendangnya emang enak..bener2 syangar....hehe...tx u.
    =============================================
    @Rizal : He-eh mas...semesra ketupat rendang ya mas....legit...hehe....tx
    =============================================
    @mbak Dee : Kwesioner itu hanya bisa buat mendeteksi gangguan2 psikologis...kalau gangguan psikiatri nggak bisa. Makanya percuma aja kalo buat nyekrining BA, karena secara psikologis dia sehat banget...hehe.

    Soal "jangan2 emang ada 'spesies' baru perempuan, atau bu A ini yg anomali?"....waah...ini sebenarnya rahasia, karena merupakan kunci dari penampakan BA yang kontroversial....ntar deh,suatu saat cerita ini akan sampai kesana...tapi masih lama....hehe.
    Oya...dapat salam dari mbak R...dia juga bilang kalo mbak D itu orangnya baik dan penuh perhatian,walaupun galak...hehe.
    Mbak Ranee kepengin kayak mb D, tapi ngga mungkin karena dia perempuan desa,sekolahnya cuma sampe SMP, nggak pinter...mbak R selama ini selalu dibodohi laki2...Beruntung dia dijadikan istri PA atas se Izin BA...kalau nggak, mungkin nasibnya lebih mengenaskan lagi...jadi PRT ato TKW...

    BalasHapus
  11. @mb Zee: hehe...iya mbak...cerita fiksi ini memang mengalir begitu saja..jadi aku sendiri ngak punya bayanan kapan endingnya...yahh...selama ada ide, pasti akan terus muncul, dan topik ceritanya bisa berbeda-beda tapi gaya nya tetap sama...untuk dewasa ato "BO". ntar kalo udah banyak, rencana mau kuterbitkan dalam bentuk novel/buku cerita pengantar tidur khusus dewasa :"Kumpulan kisah2 keluarga Pak Asyangar"...kira2 laku nggak ya...?...hahaha....ngimpi kalee....
    tx mbak...salam juga dari Ibu dan mbak R..hehe
    =============================================
    @Xitalho : he-eh mas...apa maning nek turu bareng2 karo mbak R...tambah gemez...xixixi...tx u
    =============================================
    @Yuni : huehehe....makin nakal aja ya mbak...maklum, udah selesai puasa sii....hehe,tx ya
    =============================================
    @Sky : 1/4 kilo kalo buat rendang dengan daging 2 kilo itu nggak pedes mas..kalo dah matang rendangnya..pedesnya berkurang banyak...percaya lah....

    BalasHapus
  12. bagi tupatnya duonggg? ^^

    BalasHapus
  13. Hmm..salam balik buat mbak R. Tolong bilang ak memang baik, paling sedikit..maksudku baik, haha..tapi krn ak jg galak, ak gak mempan dirayu..hehehe.. Lulus SMP atau S3 bukan masalah pokok disini..yg jadi masalah adlh dia genit, menggoda n berpikir bhw hidupnya bisa sejahtera hanya jika ditolong oleh lelaki.. Wadaw! Jangan salah, ak ngga pernah anti lelaki..hehe..tapi ak pikir, perempuan2 sebetulnya bisa berdiri tegak menjadi dirinya sendiri dan membuat definisi yg benar ttg 'diselamatkan'.. Berbagi suami seperti mbak R itu ak ragukan bisa memenuhi definisi 'beruntung'. Secara materi mungkin benar, tapi tidak sisi yg lain. Dan bu A mungkin memang spesies lain yg anomali itu tapi aku yakin 12 dari 10 perempuan tidak akan rela wilayahnya diintervensi orng semacam mbak R.. Hehe (jangan lupa.. 12 dari 10 yaaa..bukan 10 dari 12..krn aku akan memberikan 2, kalo perlu 3 suara, bukan cuma 1.. Hahaha.. )

    Anyway, ak percaya kl jd buku serial ini akan laku karena ditulis dgn apik n sebetulnya juga menghibur.. Akan ada bnyk orng,trmasuk perempuan yg nyantai juga bacanya.. Yg walau 'terhibur' tapi sibuk protes kan paling2 aku doang..hahaha -- mungkin ak jg anomali n 'spesies lain' ya? Haha. ;-) d.

    BalasHapus
  14. salam enal dari dongkrak antik..
    kunjung balik sob

    BalasHapus
  15. serunya masak2 brg skelurga gt ya, om....hehehe

    BalasHapus
  16. @TFD : boleh...boleh...main tempatku donk...tx
    =============================================
    @mb Dee: hehe...aku sampe tahan napas...baca komen yg ini...pikiranku jadi kacau neh mba...hahaha....
    OK deh, saat ini aku cuma bisa "menerima" aja...bukan apa2 sii...cuma mungkin memang mbak Ranee merupakan sosok yg antagonis....
    Sebenarnya semua tokoh di cerita ini bisa jadi agonis maupun antagonis...terserah pada masing2 pemikiran pembaca. Kalau boleh di bilang, apapun penilaian mbak Dee (dan blogger sejawat lainnya) merupakan penghargaan yg luar biasa buatku...hehe...tx
    yo...
    ==========================================
    @Dongkrak : OK mas...aku akan berkunjung lagi ke rumahmu...tx u
    ==========================================
    @Vany : iya sist...seru banget...apalagi kalo udah selesai masak...hehe. tx u
    ==========================================
    @Sangpenjelajahmalam : salam kenal juga bro....

    BalasHapus