Rabu, Januari 06, 2010

Mas Pengamen.....(suatu siang di depan sekolah)


Peristiwa siang itu terulang lagi,untuk yang kesekian kali..... hampir setiap saat aku meluangkan waktu menjemput anakku pulang sekolah.
Diantara deru lalu lintas jalan raya di depan sekolah, terdapat sebuah halte bus, aku biasa parkir dipinggir jalan dekat halte tersebut sambil menunggu saat bel bubaran sekolah, sekitar pukul 1 siang.
Lamat-lamat……….Terdengar suara petikan gitar …..dibarengi nyanyian dengan suara yang menurutku cukup merdu, petikan gitarnya juga cukup baik tidak sekedar ‘genjreng-genjreng’doang.

Mas Pengamen...! dia lagi yang ada disitu, selalu.....disaat matahari menyengat di atas ubun-ubun, itulah saatnya dia beristirahat di halte ini. Biasanya setiap jam 12.30 dia sudah nongol duduk di bangku halte yang kebetulan di sebelahnya terdapat lapak / warung kecil tempat ‘wong cilik’ melepas lelah dan dahaga. Mas Pengamen itu biasanya menyantap gorengan –gorengan dan minum segelas es teh yg dijual oleh ibu pedagang di halte itu.
Setelah rasa lapar hilang, selalu dia kemudian memetik gitarnya dan menyanyikan lagu-lagu, baik pop,religi, kadang campur sari, bahkan pernah lagu2 irama latinnya Carlos Santana....buseet...keren juga…hehehe……tapi satu yang paling ku suka, dia enggak pernah nyanyikan lagu dangdut.......cocok deh denganku.

Dia hibur para supir angkot, tukang becak,tukang parkir, pedagang makanan asongan dan tentunya para penjemput anak2 sekolah termasuk aku, dan baiknya itu gratis..., dia enggak menarik bayaran/uang buat pendengarnya...hehehe.....Satu persatu dia nyanyikan lagu...sekitar 15-20 menit. Bila dia mulai beraksi, kumatikan lantunan CD, kubuka lebar kaca jendela mobil dan ganti menikmati lantunan suaranya...asyik juga rasanya....

Pernah aku ngobrol dengan dia, kutanya ; ”namamu siapa mas?” jawabnya ; ” Wah...nama buat saya nggak penting pak...saya orang melarat..nggak penting nama saya diketahui orang, cukup panggil saya mas pengamen aja deh....” . Aku tersenyum....”hehehe…..jaga gengsi juga ini orang”
Hari lain kutanya lagi ; ” Sehari ngamen bisa dapat duit berapa mas...?” jawabnya : ”yah biasanya sekitar 20 rb, kalo lagi rame ya bisa 50 rb pak...tapi jarang2 sih, kalau pas lagi nasib baik aja ” Lumayan juga yah.....”Terus sampeyan mau ngamen sampe kapan mas? “. Jawabnya ”nggak tau pak, soalnya dengan nyanyi ngamen kayak gini selain dapat duit, saya juga merasa nyaman… merasa terhibur …..dengan segala kesedihan atas kemelaratan saya...” Oohh gitu ya.....batinku; kasihan juga orang ini....
Yaah..... manusia memang makhluk yang aneh sekaligus unik...ada saja cara mereka untuk survive, cara mereka berkarya dan menikmati hidupnya. Memang kalau orang sudah mencintai pekerjaannya, maka batas antara beban dan rekreasi akan hilang, lebur menjadi satu....yang ada adalah rasa senang , enjoy di dalam menjalankan pekerjaannya.

Bel berbunyi, anak2 mulai bubar dari sekolah........
Sayup-sayup masih kudengar lantunan suaranya:
...dan demi nafas yang telah Kau hembuskan dalam kehidupanku kuberjanji kuakan menjadi yang terbaik....menjalankan sgala perintah Mu menjauhi sgala larangan Mu.......adalah sebaris doaku untuk Mu......na..na..na .....jreng...jreng....jreng …….dst (ungu).

18 komentar:

  1. salut ndan, banyak hal yang bisa kita ambil sbagai pelajaran, termsuk dari kisah pengamen tadi ... dan hari ini aku belajar bagaimana menikmati hidup, bukan dari harta yang melimpah tapi bagaiman kita mensyukurinya...
    thank...

    bwt. kata orang rumah saya tulisan mas bisa dibikin novel, beneran lho...

    BalasHapus
  2. lah aku pertama ya...horeeee...eee

    BalasHapus
  3. hehehe..Mas Pengamen itu termasuk orang yang menikmati hidup ya Mas, menghibur orang lain dan diri sendiri.. bisa request nggak Mas? xixixi..

    BalasHapus
  4. wah.. mas pengamen itu pasti ngamennya bagus... banyak juga lho yg ngamen tapi nggak ada nadanya... waton jrang jreng jrong rak keruan...

    BalasHapus
  5. hm.. si pengamen itu bener2 gengsi yak om. tapi yang bikin sayah rada keki adalah : nyaman tapi dengan kesusahan & kemelaratan. maksudnya, dia bilang nyaman tapi ngeluh. Ga konsisten..
    kenapa ga mencoba berubah ya?!

    good morning om :)

    BalasHapus
  6. @mas Rizal; iyo mas,pembelajaran itu bs kita dapat dari siapa saja...termasuk dari pengamen ini, disatu sisi banyak mencibir,menganggap mereka pemalas, tapi mas pengamen ini benar2 mencari nafkah, hasil keringat sendiri dan apa yg dia 'jual' juga memiliki nilai/mutu..
    Jadi dia mencari nafkah dg halal.
    Ps: tx soal penilaiannya, salam buat 'orang rumah' ya...

    @mrPsy: ya itulah mas...batas antara beban/stress dg kesenangan akan melebur manakala kita mencintai pekerjaan/profesi kita...
    Soal request lagu, bisa kok...dia sering dipanggil ngamen dipanggung di acara2 kampung.
    Tx u

    @mas Ali: hehe.,ndilala yg ini cukup 'prof' mas....makanya ku postingkan. Tx yoo.,

    @mb Q: hahaha...ya itulah jawaban dia sist...mungkin jg dia punya 'motif' lain...kita aja yg nggak tahu...pernah terbersit dipikiranku...melihat potongan tubuhnya yg tegap...jangan2 dia intel Densus di solo yaa..,hahaha.,

    BalasHapus
  7. Waaah nyaman dengan kemelaratan ndan? Ckck...ada ya orang kek gitu...

    Bentar...bentar...gag doyan dangduut? Boong niih, kemaren taun baruan di negeri tetangga bukannya goyang dangdut sama 3 cewe sampe pingsaan....ngakuuu ndan ngakuuu! Hahahaha....kaboorrr

    BalasHapus
  8. dia lg bikin strategi yg lain mas.. yg bikin penasaran.. smoga berhasil deh.. siapa tau ada produser lewat to? ato mas srex mau jd produsernya? :)

    BalasHapus
  9. @sweetDuck: asem...ik...hehe
    Itu mah bukan ndangduuut.....tapi goyang dombret....xixixi...
    ps: kayaknya ada minat alih profesi ya Duck..?

    @mb Medy: hehe.,mungkin aja mbak...mendadak seleb...
    Kalo aku lbh suka jd penikmat musik aja ah....mengurangi gosip.,xixixi.,tx u

    BalasHapus
  10. hahahaha.. ogahhh alih profesi.. kalo alih status mau.. qeqe.. ngareeep....

    btw, itu adeknya ITK angkt berapa Ndan.. kali pernah ikutan forum gitu taon 2000an, tp saya angkut sih.. alias angkatan tuir...

    BalasHapus
  11. "bersahaja" pantaskah hal seperti itu di namakan begitu?
    merasa nyaman dengan kemelaratan

    sampeyan salatiga ya mas?
    salam kenal dari wong ungaran ya...

    BalasHapus
  12. pengamennya saudara pasha atau ngefans berat ungu ya om,..jangan2 si pengamen abangnya pasha ungu kali ya...makanya dirahasiakan namanya, hehehe

    BalasHapus
  13. si pengamen itu nyontek prinsip "ENJOY YOUR LIFE..!!" dari iklan rokok tuh ...
    Oya aku jd k'ingetn sm Pak Ogah Nyentrik di p'3an yg sering aku lalui nih he..
    ntar bkin postingn'y ahkh...
    ur post is inspiring me om...

    BalasHapus
  14. koq gak ikutan ngamen skalian sich...zo pasti zo musti kompak neh...maz pengamen ama maz srex jelex...xixixi..ochs..!

    BalasHapus
  15. @sweetDuck:Alhi status?...hehehe...bentar lagi kan...?
    Adikku lulusan ITK UNDIP tahun '95 kok sist...ntar tak tanyain dia lagi ya...tx u
    =====================================
    @blogger panas: yah mungkin juga mas....bersahaja karena 'terpaksa' oleh keadaan.
    Sampeyan wong Ungaran...? wah...tetangga nih...ok, aku maen tempatmu yaa....tx u
    ====================================
    @Jingga : abang nya Pasha...hahaha...wah bisa gawat nih....nasibnya beda mas....hahaha...
    ===================================
    @mymai: bisa juga ya mai....aku lupa dia rokoknya merek apa...tapi memang dia sebenarnya bukan orang 'bodho'...cuma nasibnya aja yang berbeda dengan kita2 ini....tapi yg jelas dia berusaha mencari makan secara halal.
    ps: di tunggu posting mu tentang pak ogah ya...tx u
    ===================================
    @Sweety : kamu lagi...kamu lagi....ngaco ah...! entar kalau aku ngamen beneran kamu yang susah....hayooo.....hehehe....

    BalasHapus
  16. he he... selain 'menikmati' pekerjaan... sebetulnya ada hal lain juga... yaitu, secara realistis, orang akan (harus) menerima kondisi yg dihadapi dalam hidup, dan berjuang agar dapat survive.

    ini tidak hanya berlaku bagi pekerjaan2 seperti pengamen yg diceritakan dalam postingan ini, tapi berlaku bagi semua orang dan semua jenis pekerjaan. the bosses di kantor2 juga ngga selalu senang... kadang2 yg dia inginkan mungkin bisa bebas jalan2 dan main gitar, daripada berkutat dengan laporan2 perusahaan... :D( btw, jadi dokter kadang2 juga capek kan ya, he he he... )

    jadi, begitulah... sebab konon kan bahagia adanya dalam hati... -- ngga selalu mudah untuk dijalankan, tapi paling sedikit bisa jadi kalimat untuk membuat kita eling kalo lagi lelaaaahhhh sekali... :-)

    salam, d.~

    BalasHapus
  17. :)
    Aduh entah kenapa saya selalu tersenyum simpul setiap membaca postingan mas srex ini. Celetukan2 segarnya buat saya jd senyum2 hahhaa...

    Hebad juga dia ya, bisa main lagunya Santana. Berarti seleranya lumayan bagus, too bad nasibnya kurang bagus. Tp memang yg penting sih kebahagiaan hati ya mas, kalau dia bisa merasa sedikit bahagia (even sedikit) dr kemelaratan dia itu, mustinya tak masalah.

    BalasHapus
  18. @mb.Dee: wow...ternyata manusiawi sekali ya mbak....tidak memandang profesinya, suatu saat seseorang pasti membutuhkan waktu untuk sendiri-nya, lepas dari segala persoalan, entah itu pekerjaan atau persoalan kehidupan. Bahagaia memang kudu di mulai dari hati dulu....baru semauanya akan terasa dan ikut merasakan kebahagiaan tersebut. Tx U mbak...
    -----------------------------------

    Mb Zee: huehehe....ya itulah mbak, mas pengamen ini memang sedikit 'intelek' menurutku, aku belum tahu latar belakang pendidikannya/sosialnya, tapi yang jelas selera musiknya cukup keren...memang nggak secanggih Santana sih....tapi lumayan lah buat kelasnya dia, btw dia memang merasa bahagia dengan pekerjaannya, itulah yang menarik hatiku untuk mempostingkannya....maksih mbak Zee...

    BalasHapus