Sabtu, Desember 05, 2009

Putus ………..

Baru saja aku melepas sepatu OR ku sepulang jalan pagi, tak kala ponsel ku berbunyi “tut-tut” sambil bergetar. Waah….baru jam 5 pagi udah ada email masuk nih….ah pasti komen dari blogger atau fesbuk….eh waktu ku lirik sekilas kok email biasa, tumben pagi-pagi……Pengirimnya <#xxxx89@gmail.com>, subyek ; konsultasi.
Waktu ku baca, begini :

“Selamat pagi.
Mohon waktu untuk bertemu, karena saya ingin berkonsultasi mengenai problem yang saya hadapi, akhir-akhir ini semakin membuat kacau aktifitas saya sehari-hari.
Sebelumnya saya perkenalkan diri dahulu :
Nama saya : Yoske. (disamarkan, srex)
Sex : perempuan
Usia : 23 tahun
Status : single
Pekerjaan : Kuliah Semester VII di Fakultas ’x” Universitas ”Uxx” (disamarkan,srex).
Saya mengetahui alamat email anda dari blog dengan artikel yang pernah anda tulis sekitar 1 tahun yang lalu, tentang ”Perkawinan”.
Kebetulan saya berdomisili di kota yang sama. Seandainya anda tidak bisa menemui saya, perkenankan saya untuk konsultasi via email.
Mohon balasannya.
Wassalam......
Yoske. ”

Hemm...Sambil menarik nafas panjang aku berkata sendiri ” mudah2an bukan konsultasi perjodohan lah....kalau soal itu aku bukan ahlinya, biar ku balas aja dan konsultasi via email juga kayaknya lebih praktis”.

Memang bukan kali ini saja ada orang yang mengirim email berkaitan dengan posting2 ku, yang paling banyak adalah yang berkaitan dengan postingku tentang ”santet”...bahkan sampai sekarang masih aja ada yang kirim email berkaitan dengan santet....hehehe....tapi ya mau gimana lagi...itu udah konsekwensi dari mem’publish’ tulisan..... ya kudu berani jawab...ya enggak.

Nah buat posting tentang ”perkawinan” itu, sebenarnya cuma tulisan ala kadarnya hasil dari opini2 pribadiku sendiri, jadi bukan merupakan suatu tulisan hasil dari riset/penelitan atau merupakan kopi-paste artikel2 milik orang lain.

Setelah beberapa kali berbalas email dengan mbak Yoske akhirnya terkuak masalahnya. Si Yoske sedang mengalami ”sindroma patah hati”,ditandai dengan pikiran bingung dan kacau, sulit tidur, nafsu makan hilang, haid tak teratur, mual-mual, leher tegang , kepala pusing,dan suasana hati sedih terus. Padahal saat ini dia sedang dalam tahap akhir menyelesaikan skripsi sebagai salah satu syarat kelulusannya. Betapa kacau nya dia, justru menjelang akhir kuliah dia harus menghadapi kenyataan diputus oleh pacarnya karena harus menikahi wanita pilihan orang tua nya. Mereka sudah berpacaran selama dua tahun, dan hubungan mereka katanya sudah ”jauh”.Sebenarnya masalah ini klasik sekali, mungkin ada juga beberapa di antara kita yang mempunyai pengalaman tentang masalah ini, entah pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain. Tapi masalah si Yoske lebih parah lagi karena sang pacar adalah anak lelaki dari salah satu ”Dosen pembimbing skripsi ” nya........

Ini yang membuatku ikut prihatin , karena sebenarnya ada dua masalah besar, yaitu masalah dia putus dengan pacarnya dan masalah dia berkaitan dengan skripsi nya. Jujur saja aku tidak bisa memberi saran yang mampu menuntaskan masalah ini, karena yang jelas si Yoske merasa tidak sanggup untuk meneruskan skripsi dan kuliahnya lagi. Waduuuhh.....gimana nih, sudah kehilangan pacar...masa’ masih harus kehilangan kesempatan meraih gelar S1 nya...efek samping yang berat memang. Pada prinsipnya sih aku menganjurkan dia untuk menomor satukan skripsinya dahulu dengan berusaha sementara mengabaikan masalah putus dengan pacarnya. Tapi yang paling menyakitkannya adalah sebentar lagi pacarnya akan menikahi wanita itu.
Sampai email yang ke 7, diakhir surat dia bertanya : Apakah sebaiknya saya ambil cuti dahulu?
Hmm.....belum ku balas...jujur saja aku tidak punya kata-kata bijak untuk melegakan hatinya.
Ada saran...?

19 komentar:

  1. bisa buka klinik jodoh ndan..heee..hee..

    kasian tu cewek kalau harus gagal gara-gara patah hati...
    manyak macam cinta... salah satunya cinta dengan lawan jenis, namun yang paling penting adalah bagaimana mencintai hidup ini, jadi kalau harus berantakan gara-gara cinta lawan jenis maka tidak akan setimpal dengan karena yang harus jadi korban adalah masa depan...hee...hee...

    BalasHapus
  2. kalo aku yang ditanya, aku akan jawab gini: kalo diputusin pacar, pastikan bahwa kita bisa berdiri tegak di depan dia, angkat dagu, dan melangkahlah maju.

    pastikah hidup berjalan seperti biasa, buatlah diri sendiri bahagia dan kejar prestasi.

    jadi, pada suatu saat nanti, kita akan bisa melihat ke belakang dan (paling sedikit dalam hati) mengatakan pada orang yang memutuskan itu: kamu mutusin aku, yang rugi bukan aku, tapi kamu... lihatlah seperti apa aku sekarang...

    intinya ya bener, jangan rugi dua kali, udah diputusin, kuliah gagal pula. waduhhh... rugiii. mending dianya mikirin atau kasian. enggak juga... sudahlah, jalan saja ke depan dan temukan masa depan dan mudah2an kelak ketemu lagi dengan laki2 lain yang jauh lebih baik.

    walau... sebetulnya aku punya catatan, walau sebetulnya hal seperti ini akan jauh lebih mudah dilakukan jika hubungan belum terlalu 'jauh' itu. perempuan2 yang berhubungan terlalu jauh dengan pacarnya memang akan terpuruk lebih dalam daripada yang masih 'utuh' jika menghadapi situasi seperti ini.

    yang masih 'utuh', walau mungkin juga malam2 nangis2 membasahi bantal, tapi bisa lebih cepat dan lebih tegas ambil langkah balik badan dan melupakan saja laki2 itu. ngapain mikirin orang yang ngga mikirin kita? kalo kita memiliki kepribadian baik dan bisa mencintai serta patut dicintai, he he... pergi satu datang seribu, bukan? he he he he he :D

    ( ini komen yang dibuat oleh seseorang yang di masa gadisnya dulu hanya bersedia didekati oleh laki2 yang memperlakukan dirinya dengan santun dan sikap yang baik. yang aneh2... ' go out of my way,please'... -- gitu sikapnya. belagu banget, ya? ha ha ha ha ha ... )


    d.~

    BalasHapus
  3. malah buat senjata dong .."kalau perkawinan anak bapak nggak mau kacau ..segera luluskan saya jk tdk saya up load foto mesra saya dg anak bapak ..bgmn mau cara cpt atau lambat ? " seraya cewek itu menunjukkan foto di hp nya ...xi xi xi

    BalasHapus
  4. mungkin bisa disarankan harus bisa memisahkan masalah asmara dengan masalah kuliah, walau secara psikis sangat berpengaruh, harus dilupakan dulu,konsentrasi aja,dan anggap saja cowok itu bukan jodohnya, masih banyak kok yg udah 30 keatas masih jomblogger xixixi
    p.s : saran your partner in crime boleh juga tuh,Mas, kayaknya pengalaman pribadi hahahaha

    BalasHapus
  5. selamat malam, JR dateng kembali malam ini untuk absen, bagaimana kabarnya teman malam ini

    BalasHapus
  6. jgn2 dosen pembimbingnya ga tau klo mahasiswinya pacar anaknya pak.. klo gitu kenalan saja dg sopan, siapa tau hati pak dosen jd terbuka.. :)btw, sbnrnya pak srex ini konsultan opo to?

    BalasHapus
  7. aku baca komennya mbak 'dee >>> sy setuju bgt.
    wlo gag sama sy punya masalah yg sama, sy share ya Ndan.
    sama 2 taon, pacaran ama anak bos, babehnya beda divisi sih tp tetep aja ketemu tiap hari dimungkinkan. singkatnya putus jg. hehe yg kata orang dunia runtuh,yaa juga sih. guncangan jiwa,,,, ia jugaa... bayangin sekantor tauk. huh... 2 lantai karyawan sekitar 4x65org. braakk. 1 minggu sy gag masuk, sempet mutusin keluar sih. tapi... emang betul, kita butuh orang buat konsultasi yg negarin kita.
    tetep masuk! kepala tegak! biarkan dia dan orang² sekitar! gag peduli! dan its works. terutama pendekatan dg Tuhan itu yg bikin kuat sih. jadi kalo melintas kata bunuh diri... lupakan!

    akhirnya, sampe skg masih skantor tuh sy ama dia dan babehnya. dia udah nikah. saya belom. babehnya masih bos dan suka ketemu, biasa aja... skg, dulu suka ngumpet. tapi ketika saya bisa tegak berdiri dan di'pandang' oleh mereka, saya adalah saya yg sekarang, yg berkarya bukan dia yang... (gag perlu ngumbar aib orang yah Ndan)

    meskin kadang suka nahan tangis kalo ada peristiwa yg dikait²in dg dia terutama pas dia merit, sebel dgr orang² ngomongin aku... yahhh gitu Ndan, musti sabar dan tabah... akhirnya smua pun berdoa "smoga cepet dpt jodoh ya deen, dan terbaik. bersyukur dia bukan jodohmu"

    hhh legaaa... panjang x lebar dah... :)

    smoga membantu.. ya pada intinya. cuti perlu, buat nenangin hati, refreshing dan berbuat hal² menyenangkan. aku bisa bilang gitu karena aku dah ngelewatinnya dan bisa tetep smile dan share buat duniaaaa jiaah....(o ia, aku butuh berbulan² buat ngadepin DUNIA terutama kantor sampe benci ama laki juga udah hihi)

    BalasHapus
  8. setuju sm opini mba 'dee'...saran aku sih JANGAN CUTI..Bahaya deh...byk hal yg ga diprediksi dn di ingini pd saat2 t'sebut..nnti mlah ga kelar2 tuh skripsi n akhir'y ga dpt ijazah S1 'y deh..hiks..hiks..hiks...jgn dong...SEMANGAT KAWAN...!!!wanita harus KUAT..!!!

    BalasHapus
  9. maz...akuh stujuh ama opini Dee~...kayaknya mantep banget.
    kalo ducky, akuh salut ama' ketegaran dia.
    maz... ceweq ituh jgn dibkin kaco yac.., ntar ky akuh...xixixi.,aw!

    BalasHapus
  10. @Rizal : Iya memang mas, kasihan banget, aku setuju dg opinimu bahwa mencintai hidup itu lebih penting, so...jangan putus asa, apalagi pake loncat dari lantai atas mall...hehehe....putus cinta selalu bikin heboh ya mas....tx
    =====================================
    @ TopBontot: Naahh...ini masukan dari "kaum militan"....hahaha....sebenarnya aku kalau pengin ngomong gitu, tapi nggak tahu rasanya masih "ja-im"...hahaha....kayaknya kalau foto mesra aku nggak berani nanya deh...jangan2 malah bapaknya tambah ngamuk...langsung diluluskan tanpa ijazah.....xixixi...
    ===================================

    @MrPsy: Itu dia maass....memisahkan masalah yang sebenarnya berkaitan erat, itu yang susah dalam kasus ini, karena kayaknya si Yoske lagi 'down' banget....tadinya terlintas dalam pikiranku mau tak jodohin sama situ....tapi kupikir-pikir..."ahh...mrPsy pasti nyari yang masih Fresh from oven"....hehehe...ya nggak...? iya laah.....
    Ps: Top Bonto memang begitu...aliran garis keras!, militan, tembak langsung dan tabrak lari....xixixi...lari ke penghulu maksudnya...hehe.
    ===================================

    @JR: Selamat malam juga mas...thank's udah mampir..ntar tak main ke situ yaa...

    BalasHapus
  11. @mb Dee:
    Wah...! harusnya memang sampeyan yang jadi konsultan aja nih mbak...aku malah belum sampe punya pendapat kayak gitu, munkin masih confuse ya...?
    Ku pikir memang si Yoske harus berani tegas dalam mengambil sikap, dia tidak boleh terombang-ambing dalam kesedihan dan kemarahannya. Apa yang dia hadapai adalah resiko yang selalu menghantui suatu hubungan dekat laki-laki dan wanita di luar ikatan pernikahan. resiko putus. Apapun penyebabnya, pasti akan menimbulkan suatu konflik bathin. Aku masih mencari formula yang tepat untuk menunjukkan kepada dia bagaimana seharusnya bersikap untuk tegar,"bisa berdiri tegak di depan dia, angkat dagu, dan melangkahlah maju.
    pastikah hidup berjalan seperti biasa, buatlah diri sendiri bahagia dan kejar prestasi".
    Mungkin saat ini si Yoske sbenarnya "cuma" seedar membutuhkan masukan dari orang/teman yang netral yang tidak mempermasalahkan masa lalu nya yg trlampau "jauh". dalam hal ini aku berusaha netral memang. Jujur saja dia sdah "rugi" berat, tetapi jangan sampai rugi lebih berat lagi dg mogok kuliah kan...? Coba nanti aku akan nulis ke dia bahwa keputusan untuk tetap maju skripsi merupakan keputusan mutlak yg tidak boleh di ganggu gugat...setuju tho mbak...
    ps: berarti dulu mbak dee, termasuk perfectionis dalam memilih "teman" laki-laki nih...harusnya prinsip seperti itu bisa menjadi contoh buat gadis2 yang mulai berkenalan dengan dunia lelaki.
    tengkyu..tengkyu banget opininya mbak Dee....

    BalasHapus
  12. @mb Meidy : Dosen pembimbingnya tahu mabk, kalau kandidat nya itu pacar anaknya, Menurut dia sih dosen tersebut baik2 saja, karena yang nggak setuju itu ibu nya, tapi nggak tahu deh...apa benar si Bapak juga nggak setuju, kayaknya dua2 nya lah....
    ps; aku konsultan apa yaa...? tergantung mbak..mau konsul penyakit, feng shui, santet, jual-beli sapi, nomer buntut juga bisa...hahahaha....ongkosnya suka-suka...kalo sesama blogger gratis kok...xixixi...
    ===================================

    @mymai: Iya...kayaknya kalau dia ambil cuti, malah bisa-bisa molr nggak slesai2 skripsinya ya Mai...bener juga. Maju terus aja, keala egak, pasang wajah inosent, aji ndableg, ntar kalau udah lulus...tinggal bilang ke cowoknya "F@ck U"..gitu kaan...good...good...tx mai...
    ===================================
    @Sweety : Kayaknya buat yang cewek banyak yang setuju dengan opini nya mbak Dee nih....kamu juga ikut2an ya...? boleh...boleh...
    terus maksudmu dibikin kacau itu apa? xixixi...aw...awwww...aww

    BalasHapus
  13. @sweetDuck:
    Fiuuhh....ini malah dapat contoh kasus...
    Gileee beneeer....berarti kamu memang tegar banget kayak yg di omong sweety, nggak kebayang deh penderitaanmu itu Duck...anyway, semuanya kembali ke diri kita sendiri, memang kalau kita terus down dan menghilang dari peredaran, orang justru akan berpandangan negatif dan cuma sekedar mengasihani saja, setelah itu mengacuhkan kita, beda kalau kita menghadapinya dengan kepala tegak, orang akan salut dan tidak berani memandang sebelah mata. Kamu termasuk bernyali besar, kasus mu makin mendewasakan dirimu, semoga saja yang terbaik yang akan kamu peroleh ya Duck...
    ps: sekarang udah nggak membenci laki-laki kan? jangan donk...karena laki-laki diciptakan untuk mencintai wanita...kasihanilah para lelaki yaa....*ngarep (mode on)
    Tx 4share sweetDuck..!

    BalasHapus
  14. ha ha ha ha ha... aku, jadi konsultan cinta? boleh juga... seru kali yaaa... ha ha ha...

    dulu, aku perfeksionis? mmm... bukan begitu. tentu saja ada harapan2 tertentu saat mencari, semua orang juga gitu kan? :-)
    tapi aku menyadarilah, gak ada orang yg sempurna... yg aku cari itu yg cocok, bukan yg sempurna :-)

    tapi, soal "sikap baik dan santun" -- lah, yang ini kan standar paling dasar bukan?

    bukannya emang mesti kayak gitu?

    rugi amat jalan sama cowoq yg bahkan bersikap santunpun tidak bisa dan ngga bisa memperlakukan dan bersikap baik pada perempuan... :-)

    dan oh ya, mohon dicatat, sikap santun dan baik itu bukan yang basa-basi dan "bisa dihafalkan", atau semata- mata rayuan gombal, he he he... yg basa-basi itu akan ketauan. yang tulus juga akan terasa...

    jadi... di sini, rasa dan rasio mesti seimbang, tapi at the end of the day, saat harus mengambil keputusan, hatilah yang berbicara, ha ha ha ha ha :D -- cinta itu emang urusan2 hati kan? ;-)


    d.~

    p.s: soal hubungan yang 'jangan terlalu jauh' itu memang ngga pernah terlalu kuno untuk dijalankan. kalau perempuan ingin bisa independen saat mengambil keputusan terbaik untuk dirinya, hal ini akan menjadi satu hal yg sangat signifikan... bisa membedakan hasil dan tindakan... jadi, ya ngga ada cara lain... memang harus menjaga diri...

    tapi kalau seperti kasus dalam postingan ini yang 'sudah terlanjur', sudahlah... lupakan saja. yg sudah terjadi ngga akan bisa diputar balik. lupakan dan melangkah maju saja...

    BalasHapus
  15. wah.. wah jadi dokter cinta sekarang..

    BalasHapus
  16. setuju sama diatasku.. kayak si will smith dalam hitch saja..

    BalasHapus
  17. @mb Dee'; Yah...aku mengerti, mempertahankan sikap dan prinsip demi menjaga "keutuhan" diri sendiri itu perlu di tanamkan sejak dini, karena yang namanya rayuan dan iming2 kenikmatan memang merupakan godaan yang berat...ya kan mbak?
    dan memilih "teman" lelaki yang sopan dan santun (bukan palsu) merupakan salah satu cara mengatasi resiko "jatuh" kedalam hubungan yang berlebihan. tidak harus menjadi seorang perempuan perfeksionis memang untuk mempunyai sikap seperti itu.
    Ok thanks pencerahannya mbak Dee...
    ===================================

    @Mas Adi : hehe...dukun cinta tepatnya mas...xixixi...
    ===================================
    @Thepenks : tx mas....udah mampir...ntar tak dolan tempatmu yaa...

    BalasHapus
  18. hahahaha... kasihanilah laki-laki.. xixixixi... capee deeh... pokoe (sekali lagi) asal bukan bencong yaaa, Ndan

    BalasHapus
  19. @sweetduck : ok aja duck....yang penting laki...bencong..No Way!

    BalasHapus