Rabu, November 04, 2009

Dia Kesepian


klien terakhir baru saja meninggalkan pintu, pulang....Aku tidak yakin apakah dia merasa lega atau tidak, merasa puas atau masgul hatinya. Tidak mudah memang memberi solusi atas permasalah-permasalahan yang di hadapinya dalam satu-dua sesi pertemuan.
Klienku ini adalah seorang wanita karier, berusia 37 tahun, bekerja di suatu instansi pemerintah/BUMN, status single. Sebenarnya secara fisik tidaklah mengecewakan kalau boleh kunilai dengan skala kecantikan 1-10, dia kuberi nilai 7. Keluhan dia sebenarnya klasik sekali yaitu berkaitan dengan gangguan kesehatan yang menyebabkan menurunnya performa dia dalam bekerja. Sudah hampir 3 bulan ini dia mengeluh nyeri kepala sebelah, tidak ada nafsu makan dan sering sesak nafas. Nn Tery (sebut saja begitu namanya) sebenarnya sudah konsultasi ke teman sejawat lain, sudah ditangani dengan baik tetapi belum ada perbaikan yang nyata, bahkan akhir-akhir ini mengeluh sering mengalami kelemahan pada ke dua kaki nya manakala harus naik-turun tangga 1 lantai. Kemudian di rujuklah Nn Tery ke aku. Dari surat rujukan yang kuterima tertulis diagnosis dia adalah "observasi chepalgia et causa psychoneurosis"....hhmmm....ini susah buatku...karena bisa jadi diagnosis ini mengarah ke penyakit yang lebih berat akibat adanya sesuatu di otak...bisa juga hanya karena faktor psikis belaka...dan ini kadang-kadang sering menjadi keranjang sampah diagnosis, manakala dari pemeriksaan radiologis, laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya tidak diketemukan kelainan.
Dari hasil wawancara memang terkesan bahwa keluhan2 Nn Tery wajar sekali, penampakan dia akan nyeri yang dideritanya memang sesuai, mungkin hanya seorang aktris/pemain watak yang bisa menandinginya. Tetapi yang namanya pemeriksaan fisik memang tidak bisa di tipu, kelemahan pada kedua kakinya tidak sesuai dengan kemampuannya yang begitu kuat manakala ku test dengan metode standar pemeriksaan kekuatan otot, dimana hasilnya adalah nilai 5, yang merupakan nilai tertinggi dimana nilai 0 (nol) adalah keadaan lumpuh total. Setelah itu kemudian disusul dengan tes kemampuan saraf sensorik dan motorik, reflek-reflek sendi sudah kuduga hasilnya juga baik. Berlanjut dengan pemeriksaan kondisi mental dengan menggunakan instrumen "mini mental state" dangan chart skala depresi dan hasilnya ketahuan deh....nilainya jeblog....dengan kata lain memang benar Nn Tery ini mengalami gangguan psikis berat yang mengakibatkan timbulnya keluhan secara fisik, biasanya disebut sebagai "psychosomatic disease". Dari beberapa kesempatan wawancara ternyata memang faktor kesepian dan rasa hampa lah yang menyebabkan timbulnya keluhan itu. Nn Tery sudah bekerja sejak usia 23 tahun, berarti sudah 13 tahun dia meniti karier. selama ini dia bekerja secara total dan penuh dedikasi dan ambisi untuk mencapai taraf tinggi sebagai bentuk aktualisasi dirinya sebagai seorang wanita karier. Setelah dia mencapai apa yang diinginkannya dimana segala sesuatu kebutuhan dan keinginannya dapat terpenuhi hanya dengan menjentikkan jari atau mengangkat telepon sebagai fasilitas seorang "boss".
Yah....dia mengalami kesunyian dan kesepian, apa yang telah dicapainya tidak lagi memberikan tantangan,dia juga merasa lelah dengan situasi pekerjaannya sekarang, dia bosan dia jenuh tetapi dia tidak bisa begitu saja mengungkapkan keluhannya kepada sembarang orang mengingat jabatannya, dia merasa kesepian di kantor, dirumah di jalan dan di dunia.. .....dia merasakan bahwa kondisi ini sangat menakutkan, melebihi ketakutannya terhadap kuburan atau kematian. Yah, memang benar manusia tidak akan mampu hidup secara fisik saja, dia akan menjadi seorang robot, bahkan zombie....manusia yang hidup namun secara psikis "mati". Kesepian dan kesunyian ternyata sedemikian menakutkan.

23 komentar:

  1. ada gejala lain yang menyebabkan seseorang depresi selain kesepian yg menakutkan, yaitu kebosanan dan perasaan jenuh krn nggak ada tantangan "baru" lagi .. aku lupa apa namanya. Coba dikasih tantangan biar dia gairah lagi hidupnya ... :)

    BalasHapus
  2. Ternyata mental juga sangat mempengaruhi kesehatan fisik ya mas? Sepertinya berader mr.psy bisa kasih obat mujarab buat miss tery.xixixi..

    BalasHapus
  3. faktor psikis ternyata berpengaruh besar terhadap kondisi fifik ya ndan...
    kesunyian emang bisa membunuh....

    BalasHapus
  4. mini mental state itu ada daftar pertanyaan ya mas... seperti apa misalnya contoh pertanyaannya?

    (lagi mikir kalo aku yg ditest, mungkin hasil testnya bukan depresi tapi: error berat, korsleting otak... ha ha ha ha ha )


    d.~

    BalasHapus
  5. @TopBontot: iya ada gejala lain namanya 'Abulia'...tak ada kehendak, tak ada semangat.
    Untuk membangkitkan semangat nya aku masih mencari 'tantangan' apa yg sesuai...nikah kali ya?

    @mas Ali; betul mas...mental dan fisik harus baik n seimbang supaya sehat...btw obatnya mrPsy...dijodohin gitu? Hehehe

    @mas Rizal; begitulah kenyataannya mas...faktor psikis sangat mempengaruhi fisik kita...tx u

    @mb.Dee; MMS memang berupa daftar pertanyaan yg harus dinilai oleh si pemeriksa yg berkompeten...kalau mbak kayaknya baik2 aja lah...nggak ada keluhan apa2 kan..? Tx ya...

    BalasHapus
  6. waduw umur 37 masih single lagipula nialinya 7 dari 1-10

    hmmmmmmmmm ga lanjut dech

    BalasHapus
  7. halo...
    terima kasih sudah mampir ke blog saya. terima kasih juga utk sarannya. sptnya yg anda bilang benar. papa memang suka angkat besi dan ini ketiga kalinya papa mengalami rasa sakit krn masih saja angkat besi. saya sudah beritahukan saran dan diagnosis anda kepada papa. semoga dia mengerti dan tidak angkat besi lagi. thanks a lot ya.

    BalasHapus
  8. @netmild: lhoh....? kok nggak lanjut...uzur yaa...hahahahha...yg penting belum alot kang....hahaha..

    @sang cerpenis: iya sama-sama sist, makin bertambah usia, tentunya kekuatan fisik makin menurun walaupun semangat tetap muda, kita aja yang harus menyadarinya....tx U

    BalasHapus
  9. dengan kata lain.. dia sudah waktunya menikah..

    BalasHapus
  10. Sakitku membuat aku mengerti
    KAU menegurku
    KAU nenunjukkanku jalan
    Hingga aku bisa pulih
    Untuk berlari mengejar semua
    Dalam dekapan Sang Illahi
    Ya Rabb...
    Aku ingin mencintaiMu
    Dengan segala yang aku punya
    Izinkan aku mencintaiMu
    Agar hidupku lebih berarti....

    BalasHapus
  11. Selamat juragan, suudah naik kelas rupanya...(pr4)
    sekalilagi selamat-selamat ;))

    BalasHapus
  12. @mas Ali,
    Mungkin itu inti permasalahannya mas...menikah.
    Semoga belum terlambat, walau untuk sekedar poligami...hahaha...kacau...

    @mas Tri,
    Ku berserah diri pada Mu ya Rabbi...
    Yang terbaiklah engkau beri,
    Apapun diriku, itulah kehendakMu, rencanaMu, terjadilah....
    Ku mencintaiMu dengan segenap akal budiku ya Rabby....

    Ps: trims ucapan selamatnya mas, membuatku tambah semangat! I love blogspot....

    BalasHapus
  13. resep untuk nn. tery: segera rabi! (ttd: dr srex)

    BalasHapus
  14. perlu terapi pernapasan untuk menenangkan diri keknya
    dan perlu pendamping

    BalasHapus
  15. Sy juga merasa kesepian om...hehe...

    BalasHapus
  16. owh...selamat y ndan blognya dpt PR 4....keren tuh...

    BalasHapus
  17. @mb.Ernut; hehe...nebus resepnya di mana mbak...? Mahal kali yaa....xixixi..

    @attaya: terapi pernafasan setelah dapat pendamping aja...kan langsung komplit.,hehe, tx

    @Jingga; ok mas...biar g kesepian, ngeblognya kencengin donk....hehe, tx ucupannya ya....

    BalasHapus
  18. duh ndan.. itu bohoso opo to..

    hampa ya.. jadi terbukti ya ternyata harta, kedudukan ga segalanya ya.. jadi buat apa banyak uang jika tak bisa berbagi :) *_*

    hum nyaris sm nih ndan, saya dibilang autis.. workholic... blm dibilang zombie kok. tapi aku ga loyal sih, suka boloss.....haha...

    BalasHapus
  19. diajarin dan diajak ngeblog ndan,..hahaha,...luamayan buat nambah kenakalan ,..eh salah kenalan ding xixixi

    BalasHapus
  20. Mmm.. mungkin di saat umurku menginjak umur seperti perempuan itu juga akan rasakan perasaan yang sama, tapi semoga saja tidak.

    BalasHapus
  21. @ducky sweet; itu bahasa latin...standar international, bhs baku yg g' berubah lg. Betul katamu, share itu perlu sbg makhluk sosial...kamu nggak autis, workacholic mungkin...teman2mu banyak kan? Sapa tahu salah satunya akan jd pendampingmu selamanya...hehe, tx u

    @ Bongjovi; hoho, ide bagus tuh...ntar ku usulkan ke dia...biar tambah kenakalan eh, kenalan .,xixixi.,

    @~H~; semoga tidak, sayang kalau bakatmu g'tersalur...tx ya...

    BalasHapus
  22. asyik sekali membaca pengalaman di balik kesibukan sang dokter. ini jika saya tidak salah sebut profesi.

    BalasHapus
  23. Analisa dan penerawangan Om menurut ane sudah mantab....
    @BangBong:....iiih centil deh !...xixixixi....Aw !

    BalasHapus