Jumat, September 11, 2009

Sahabatku…..(blogger dan facebook)

Menyikapi kehebatan teknologi internet saat ini, benar benar membuat dunia ini terasa menyempit, sedemikian hebat kemampuannya untuk menembus ruang dan waktu. Betapa tidak….begitu seseorang memiliki akses ke dunia cyber ini, maka tak ada lagi hambatan untuk mengakses beragam informasi dunia, khususnya dalam hal menemukan seseorang atau sekelompok orang yang memang ada keterkaitan dengan hidup kita, entah itu dari masa lalu, masa kini maupun untuk ke masa depannya.
Pada awalnya aku mulai terjun ke dunia ini melalui situs jejaring sosial Blogger, aku mulai menemukan dan terjalin kontak dengan sahabat sahabat baru dengan berbagai macam latar belakang, namun memiliki kesamaan dan minat yaitu menulis dan saling bertukar pikiran, gagasan atau opini.
Ada keistimewaan tersendiri pada situs Blogger, dimana kita benar benar dapat mengekspresikan diri melalui tulisan tulisan kita secara bebas. Kitapun dapat mengetahui bagaimana ekspresi dari sahabat sahabat blog kita melalui tulisan tulisan mereka. Walaupun kadang beberapa tulisan mereka tidak kita mengerti atau tidak sesuai dengan benak kita, tetapi ada satu itikad baik yaitu rasa kebersamaan dan kesantunan sebagai sesama blogger untuk menghargai apapun tulisan mereka, dengan memberikan koment yang dirasa akan memberikan semangat sebagai sesama blogger. Ikatan ini tidaklah tertulis, tetap dapat kita rasakan, lama kelamaan akan timbul suatu segmentasi dimana akan terbentuk suatu lingkaran/ring, dapat kukatakan sebagai lingkaran dalam dan lingkaran luar. Pada kelompok lingkaran dalam biasanya kontak sudah terjalin lama dan antar merekapun sudah terjalin kontak pula, sehingga artikel dan koment yang terbentuk akan saling berkaitan, entah itu secara serius maupun bergurau.Hal ini terjadi dengan tanpa suatu progam khusus, tetapi kurasakan terjadi karena memang ada kecocokan diantara blogger2 lingkaran dalam.
Dengan tidak mengesampingkan blogger lingkaran luar, mereka sebenarnya bisa dibagi lagi sebagai blogger kenalan baru atau blogger lama yang memang menjadi kontak kita dengan tanpa melibatkan teman blogger yang lain. Jadi dapat dikatakan justru blogger ini merupakan blogger “new comer” atau justru “special blogger” yang hanya mereka berdua yang mengetahuinya.
Kontak-kontak yang berawal dari pertemanan di dunia blogger dapat berlanjut kedunia nyata dengan cara yang lebih pribadi, mulai dari email, sms, phone call dan sampai dengan kopdar. Ini sah sah saja, dan memang tidak bisa dihindarkan. Karena memang semua berawal dari dunia nyata yang memasuki dunia maya…dan kembali lagi ke dunia nyata. Kita memang tidak bisa menghindarkan diri dari kenyataan ini, karena kita bukanlah “blogger hantu”, yang selamanya gentayangan di dunia maya. Walaupun beberapa blogger dengan alasannya merasa lebih nyaman berperan seperti itu.
Beralih ke Facebook (FB), di situs jejaring ini aku dapat menemukan dan berkomunikasi dengan orang orang dari masa lalu, walaupun sebenarnya FB bukan hanya itu perannya, tetapi juga dapat untuk menjalin hubungan dengan orang-orang dari mana saja. Tetapi buat aku sendiri, FB lebih bersifat pribadi sehingga aku hanya akan menjalin kontak dengan orang orang yang memang ada kaitannya dengan diriku, entah teman sekolah baik dari TK sampai SMA, teman kuliah, Teman sejawat seprofesiku dan juga saudara saudaraku atau orang-orang yang ada kaitannya dengan anak atau istri. Aku sendiri tidak berkinginan untuk menjalin kontak dengan orang orang yang memang tidak kukenal, atau berdasarkan foto profilnya yang menarik, karena bagiku FB lebih bersifat pribadi, sehingga tidak heran akupun tidak segan segan menghapus namanya dari daftar link, manakala aku merasa tidak nyaman dengan “kehadirannya”.
Berbeda dengan blogger dimana kita tertarik dengan seseorang (blogger) bukan karena foto profilnya dahulu, tetapi terutama karena tulisan2nya, disini ikatan yang terjadi bersifat spesifik, karena bukan berawal dari dunia nyata dahulu. Sehingga kitapun dapat lebih obyektif menilai “basic” mereka melalui tulisan2 nya. Jadi memang agak berbeda dengan facebook, karena di FB justru berasal dari dunia nyata terlebih dahulu, walaupun tidak seratus persen.
Pada akhirnya aku berkesimpulan bahwa Blogger dan FB adalah dua situs jejaring sosial yang sinergis, dan merupakan kolaborasi yang istimewa bagi kita untuk meng-ekspresikan dan meng-eksiskan diri kita di dunia maya dan nyata.
Begitulah.

PS: selamat HUT Mr.Psycho (12 Sept), sehat dan sukses selalu...

24 komentar:

  1. hihihi, emang seru ya om ketika ngeblog, dapet temen2 maya yang baru yang baik hati.
    tambah seru lagi ketika fb-an sebagian temen2 blogger jadi temen beneran di fb...jadi semakin kenal & semakin sayang :)
    sayah juga begitu om, untuk fb. karena fb lebih private daripada blog, jadi yang sayah apruv pun orang2 yang sayah kenal or at least dia meninggalkan pesan siapa dia untuk di apruv. kalo ga sayah kenal & dia ga kasi pesan, IGNORE ajah deh... :)

    BalasHapus
  2. Blogger diblog memasyarakatkan budaya menulis, membaca, persahabatan dan berfikir kritis dengan komentar2nya.

    sementara facebook, "hanya" menyentuh budaya persahabatan tidak lebih.

    setujuh, blogging dan facebook bisa sinergis saling melengkapi.

    BalasHapus
  3. @mb.Q; yah bgtlah keadaannya...sama lah kita, yg jelas teman ngeblog memang 'lebih' istimewa.
    Dg kata lain, Blogger nggak ada Minder nya.
    Tx ya..

    @Trimatra: setuju mas, apapun motifnya buatku dg memiliki ke 2 situs tsb kita dpt lebih mudah dalam berinteraksi dan berekspresi...tx mas...

    BalasHapus
  4. "Dunia" memang sedikit berubah dengan kehadiran facebook,dan ada istilah fb mendekatkan yang maya dan menjauhkan yang nyata ..semoga kita bisa proporsional dalam menyikapinya. Btw, istilahnya, fb bagai "quick one", kalo blog lebih komprehensif dan berkualitas, lengkap dengan foreplay dan afterplay-nya xixixi
    PS: thanks ya Mas

    BalasHapus
  5. @mrPsy: yaow mas...agak ironis ya kesannya Fb..,hmm, kalau kita asosiasikan dg pernikahan, fb itu seperti orang yg belum nikah, kalo blog ibaratnya orang yg udah nikah...so...blog lebih komplit 'permainannya'.....xixixi.....nyindir ni yeee....,aw...

    BalasHapus
  6. Buatku juga FB itu lebih private, karena itu teman-teman yg tdk aku kehendaki ato spt kata mas srex, buat aku tdk nyaman, aku langsung delete saja. Lebih suka lingkarannya adalah yg memang sudah tahu kita.

    Benar, blog memang beda. :) Mengenal seseorang dr tulisannya justru terasa lebih kenal drpd berbasa basi tak jelas di FB. Dan aku senang sekali bila ada teman yg benar2 menghargai tulisan kita, dlm arti memberi komen yg mensupport & memang ada konteks "dia kenal baik" dengan kita..
    Itulah indahnya pertemanan di dunia maya.... :)

    BalasHapus
  7. Buatku juga FB itu lebih private, karena itu teman-teman yg tdk aku kehendaki ato spt kata mas srex, buat aku tdk nyaman, aku langsung delete saja. Lebih suka lingkarannya adalah yg memang sudah tahu kita.

    Benar, blog memang beda. :) Mengenal seseorang dr tulisannya justru terasa lebih kenal drpd berbasa basi tak jelas di FB. Dan aku senang sekali bila ada teman yg benar2 menghargai tulisan kita, dlm arti memberi komen yg mensupport & memang ada konteks "dia kenal baik" dengan kita..
    Itulah indahnya pertemanan di dunia maya.... :)

    BalasHapus
  8. sama... di fb banyak banget pending friends yang nggak dikenal. tp fb di sini kan nggak bisa dibuka om, jadi jarang berkeliaran di sana. klo blog? walaupun nulisnya nggak intens, tapi BW mah tiap hari.. ehhehehe...

    BalasHapus
  9. @mb.Zee: fakta berbicara ya...tapi kalau melihat komen mrpsycho n mb Q, pada dasarnya privasi itu memang penting sekali, cuman kalo buat berstatus masih 'single' mungkin bisa agak lebih longgar....
    Anyway...kita semua tetap ingin merasa nyaman dan bebas dari kekuatiran akan 'keterbukaan' kita di dunia maya. Tx u

    @mb Niet: siip...mbak....tidak update bukan berarti lenyap sama sekali ya...aku sendiri di FB, belum ada 10 x Update selama 1 tahun ini..,hehehe..,tapi jd tukang komen yg rajin di FB tiap hari....xixixi

    BalasHapus
  10. Hehehe,…ditangan blogger-blogger muda yg kreatif dlm menulis kayak mrpsycho, quinie,dan melyndutgaksih…..ngeblog jadi tambah asyik. Halaman blog mereka lebih kurang halaman FB selalu rame. Tanpa disadari blog mereka berubah menjadi jejaring sosial. Mereka mampu membangun komunitasnya sendiri. Sehingga pemilik blognya layak diangkat jadi ketua RT, soalnya links yg terpasang sama banyaknya dgn warga se RT tempat saya tinggal. Hahahaha,…

    Buat saya ngeblog lebih asyik. Happy bloging Ndan,……

    BalasHapus
  11. izin numpang coment...

    setuju sekali mas...saat tekhnologi tidak mengenal batas dan telah menembus ruang dan waktu, kita sebagi user memang dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaat kan tekhnologi untuk ke hal yang positif.

    seperti blog, melalu blog kita bisa mengekspresikan apa yang kita rasakan melalui tulisan-tulisan yang bermanfaat begiu juga dengan facebook seperti yang ditulis diatas sangat banyak manfaat yang dapat kita ambil walaupun segala sesuatu ada sisi gelapnya namun hal itu bukan menjadi alasan untuk kita alergi dengan tekhnologi apalagi sampai megharamkannya...


    salam kenal
    rizal

    BalasHapus
  12. kalau aku masuk ring mana nih? asem ik ring ada nggak Srex ?
    btw yang penting selama bisa dinikmati dan nggak bikin RWT .. mau FB mau Blog buat aku sama aja malah yg di blog aku lebih nyantai tuh drpd FB soale di FB byk mhsw sih ..mmm jd terpaksa agak 'jaim" deh .. halah !

    BalasHapus
  13. @BongJovi; betul bong 3 blogger sahabat kita itu memang istimewa, sama2 masih lajang, 2 perawan dan 1 suspect bujang..,xixixi....
    Pokoke bong, yang sudah berjalan baik kita pertahankan, bila ada yg kurang2nya ya kita saling mengingatkan....manusia banyak kelemahannya..,kalo tetap ndableg...ya sbg orang tua patut kita jewer....hehehe, tengkyu.

    @Rizal: sip mas koment nya.,betul katamu...'kreatifitas'..!
    Itu yg aku lupa, dg kreatifitas tsb kita bs berimprofisasi...menyelaraskan diri di dua alam tsb. Tx dah mampir, salam kenal yaaa...ntar tak ketempatmu.

    @Topbontot; hoho...pak dosen....yg pasti populer dikalangan institusi sbg 'master asem iik!'...hehehe, umpatan gaya semarangan yang tak ada unsur mencela orang lain, tetapi justru euphimisme mengumpat ke sialan/apes/ketololan kita sendiri....
    Eh, kalo di blog emang lebih nyaman ya....gak perlu jaim.,yg penting....keep asem iik..,xixixi..

    BalasHapus
  14. FB bagus, tapi ane agak kebalik mengenai jaim di FB, karena teman dan saudara ane yang bermacam - macam, dari Ulama sampai pemain Bola...dari Qori' sampai korak semuanya ada....hancur minaaaaah....hehehehe !!

    Tapi Ane lebih suka sama Blog, Blog lebih mewakili sifat dari pemiliknya,
    tapi sayang, nggak bisa colak - colek....xixixixixixi....!!

    BalasHapus
  15. Situs jaringan memeng sangat menyenangkan dan bermanfaat ya, apalagi blog. sangat bermanfaat sekali, bisa buat tambah ilmu, pengalaman, dan juga tambah teman dalam persahabatan.
    walaupun hanya baru di dunia nyata, dengan ngeblog, persahabatan terasa sangat nyata.
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    BalasHapus
  16. @mas Fer; naah...blog ente memang istimewa, manakala kita jenuh dijejali segala keruwetan dunia..,main aja ke blog pak Haji...tersaji 'hidangan' rohani yg menyejukkan hati....soal colak-colek? Harus diakui Fb yg bisa.,tx yo

    @jati diri: iya mas, blog benar2 dpt mengakomodasi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial, sekaligus sebagai sarana untuk belajar...trims!

    BalasHapus
  17. mampir lagi mas di sini...
    met beraktivitas...

    BalasHapus
  18. Apa kabar jg mas Srex ? saya baik2 saja, belum sempat tulis2 lagi masih kosong.. ;P)

    BalasHapus
  19. maz srex jelex...
    akuh sering bingun tuch...apah emank kalok kopdar bisa bikin rumah tangga kacau?
    koq maz gak? malah akuh yg kacau...xixixi...
    ech, met ultah ya masmistePsywar.....blom payu2 yach...xixixi...aw!

    BalasHapus
  20. @rizal; tengkyu 4coming
    @mb icha: aku baik2 aja...ku tunggu...tx

    @sweety: ah masa'....apanya yg kacau? Awut-awutan kali....xixixi...

    BalasHapus
  21. pertanyaannya: di Uluwatu, ya?

    BalasHapus
  22. @mb.ernut: iyak seratus!
    Tempat yg sangat indah ya mbak....exotic banget. Tx !

    BalasHapus
  23. saya blogger hantu om...mklum saya masih blm bisa membuka diri didunia maya, hanya segelintir saja yg tau klo saya juga ikutan ngeblog dilingkungan saya...hehehe...

    BalasHapus
  24. @Jingga: it's allright mas.... Blogger hantu biasanya baik hatinya...cuma belum kalo menampakkan diri malah jadi 'membumi' blog nya...hehe, tx ya..

    BalasHapus