Senin, Maret 22, 2010

Wanita & Kulit (susu) yg Putih


Hari Jumat kemarin jam 9-10 pagi merupakan jadwalku untuk mengisi acara semacam ‘talkshow’ di suatu stasiun Radio FM di kota Solo. Topik siarannya bisa bermacam-macam. Memang acara ini biasanya dinikmati oleh ibu2 rumah tangga, jadi tidak heran acara tsb banyak di respon oleh kalangan ibu rumah tangga, walaupun pada kenyataannya profil yg mengirim SMS dan Calling bermacam-macam.

Topik yang kubicarakan kemarin adalah mengenai Osteoporosis. Acara diawali dengan sedikit kata pengantar dariku, kemudian setelah diselingi iklan dilanjutkan dengan menanggapi komen yang masuk, ……..persis kayak orang nge-blog aja…hehe….

Ada seorang Ibu berusia 50 tahun yang mengaku sudah meminum Susu merek “A” Selama 5 tahun, tapi kok ya tetap aja keropos tulangnya, bahkan sekarang kena sakit batu ginjal. Ku jelaskan bahwa Tulang baru akan menyerap kalsium kalau tulang mendapat beban/stress dalam bentuk gerak fisik/olahraga/exercise. Lha…ternyata ibu ini Cuma rajin minum susu “A” tapi sehari-hari duduk manis di depan TV nonton sinetron….akhirnya kalsium yg masuk tak akan diserap di tulang, malahan terkumpul di Ginjal dan menjadi Batu.

Ada lagi yg nanya tentang susu apa yg paling baik dan banyak mengandung kalsium, sebenarnya semua susu mengandung kalsium, tidak ada yang paling baik, semua baik, tinggal harga, kemasan dan gengsinya nya saja…hahaha….. Seorang Bapak bertanya, ‘apakah osteoporosis menyebabkan impotensi?’…hehehe….tentu saja tidak, karena laki2 baru mulai mengalami gejala osteoporosis setelah umur 60-70 th>. Jadi impotensinya karena memang hormon testoteron sudah menurun, sekaligus berbarengan dengan kejadian osteoporosisnya.

Sebenarnya Osteoporosis merupakan keadaan yang tanpa gejala dan keluhan selama belum ada komplikasi seperti terjadinya perubahan postur tubuh menjadi lebih bungkuk dan lebih pendek pada usia lanjut. Bahaya terbesar dari Osteoporosis pada adalah resiko terjadinya patah tulang yang mudah terjadi pada ‘manula’,dengan akibat yang bisa mengancam jiwa akibat perdarahan hebat atau infeksi.
Pertanyaan berikutnya, Bagaimana sih cara mencegah osteoporosis…? Ostoporosis tidak bisa dicegah, karena merupakan proses alamiah, hanya kita dapat berusaha untuk meperlambat proses nya saja. Sehingga kita dapat lebih lama menikmati kondisi tubuh dengan tulang yang sehat dan kuat, sehingga dapat menjalankan “activity daily living / ADL” dengan lebih lama dan tenang.

Faktor apa saja yang menyebabkan Osteoporosis…? Sebenarnya dapat di bagi dua, yaitu (1) Primer ; usia, ras, jenis kelamin. (2) Sekunder ; gaya hidup kurang sehat; jarang olah raga, kurang paparan sinar matahari, kegemukan, merokok, alcohol, pengobatan tertentu dalam jangka lama, bed rest lama, asupan gizi yang kurang memadai, dll
Khusus untuk sinar matahari, sebenarnya yang diharapkan adalah sinar UV-B, terbaik pada sekitar pukul 7-9 pagi. Fungsinya adalah membantu proses pematangan pro-vitamin D menjadi Vitamin D, yang nantinya vit D akan berberan pada proses penyerapan kalsium dan remodelling tulang oleh sel2 osteoklas. Jadi…bisakah dipertanggungjawabkan kalau informasi pariwara mengatakan seolah-olah kulit putih tampak lebih cantik tetapi kenyatannya kurang sehat….? Lalu untuk apa memakai krim anti sinar matahari…? Supaya kulit nya tambah putih…? Atau supaya tulangnya makin keropos besok2 nya….?

Wah…wah..Begitu hebatnya pengaruh iklan di media masa, sampai wanitapun “berani” mengorbankan kekuatan tulangnya demi memperoleh kulit yang putih dengan menghindari sinar matahari dan memakai produk penolak sinar matahari…..Begitu mudahnya menguras duit para wanita untuk membeli produk susu “A” demi memperoleh kalsium tinggi, padahal selama kita makan cukup gizi dan rutin jalan kaki 20-30 menit setiap hari, syukur2 dilakukan pagi hari , sudah i cukup untuk menjaga kekuatan tulang kita.
Yah…macam-macam pertanyaan para pendengar, bahkan disela-sela jeda pariwara, si penyiar cewek yang kebetulan baru wisuda, kebetulan sedikit manis, sedikit sexy, sedikit putih, sedikit mancung, sedikit gaya, tapi banyak bicara… nyeletuk ; “Berarti saya beresiko tinggi kena Osteoporosis dong….kerja di ruang ber AC, tanpa kena sinar matahari, banyak duduk… masih pakai cream pemutih wajah masih ditambah sunblock-sunscreen”….

Memang kita harus mengakui bahwa, populasi anak, ABG dan ibu rumah tangga merupakan lahan subur bagi para produsen untuk memasarkan produknya dengan mempromosikan secara “timpang”, tanpa menghiraukan adanya keseimbangan informasi. Buat profesiku, sangat sulit untuk meng-counter nya karena alasan kepentingan bisnis/ekonomi selalu memenangkan segalanya…..

23 komentar:

  1. siip... tambah ilmu lagi.. jadi.. asal gizi cukup.. nggak perlu beli susu mahal kan om...

    BalasHapus
  2. wah postingan sangat bermanfaat buat saya om dokter... terimakasih banget buat sharenya. saya jadi tambah ilmu. sperti Shanti bilang: kulit wanita indon itu coklat/sawo matang, ngapain pake pemutih.. biar aja sehat ditimpa matahari..

    sy termasuk nyaris korban iklan, tp skg udah ga lagi.. terutama stlah baca ini jadi lbh paham..

    BalasHapus
  3. @masAli : iya mas, sebagai laki2 kita bs agak tenang soal osteoporosis, tapi buat menikmati 'susyu' bebas koq.....xixixi

    @sweetDuck : iya.,terima aja apa adanya...malah kudhu bersyukur, orang2 bule sampe pergi jauh2 cari sinar matahari tropis buat kulit n tulangnya...masa' kita mau kebalik...hehe...
    Shanty kalo kulitnya putih malah keliatan aneh...jd pucat.,.xixixi...

    BalasHapus
  4. mungkin sudah terdoktrin kali bahwa wanita cantik kulitnya putih, sehingga mati-matian untuk menjaga agar tidak terkena sinar matahari.

    thank atas shere ilmunya mas...jadi banyak tau tentang osteoporosis

    BalasHapus
  5. Hebad mas satu ini.
    Saya setahun setengah lalu tes osteo, dan ternyata sudah kuning, nilainya 1,1. Saat itu memang beberapa bulan partus jadi mungkin memang begitu ya, ibu2 gampang terkena osteo.
    Jd sebenarnya minum susu itu ngaruh gak pak dok? Kalo gak saya ga mo minum lagi, mahal soalnya Anlene itu :D.

    BalasHapus
  6. Pak dokter, mau tanya ya..apa betul kalau minum susu dicampur teh maka akan lbh mudah bg penyerapan kalsiumnya (dibanding klo minum susu tanpa teh)?
    satu lagi ah...pisang kan kalsiumnya banyak jg tuh, bisa sering2 makan pisang buat nambah kalsium ya? Makasih pak dokter...

    BalasHapus
  7. Penyiar yang banyak bicara? emang itu tugasnya pak dokteeeeeeeer... (seperti tugas pak dokter membantu orang yg sakit) :P

    BalasHapus
  8. @Rizal : he-eh...pemahaman yg keliru mas...perlu share ilmu yg benar supaya tdk jd korban mode/iklan.,tx yaa...
    @mb Zee : -1,1 SD, artinya osteopenia, belum osteoporosis.,kemungkinan kebutuhan kalsium untuk bayi kurang jd diambil dari tulang ibu nya. Minum susu itu baik dan bebas susu apa saja, karena dalam 1 gelas penyajian paling tidak mengandung 200-250 mg Ca, kebutuhan harian orang dewasa skitar 1000-1500 mg...
    Ps: tidak harus susu 'A' sist...tx u

    BalasHapus
  9. @Mechta : nggak masalah kok, tp sebenarnya tdk dianjurkan krn teh itu mengikat zat besi.,ntar malah kekurangan darah/anemia jadinya.
    O ya pisang banyak mengandung K (kalium). Bahan makanan yg mengandung kalsium tinggi a.l.: susu bubuk, keju, bayam, daun singkong.
    Tx u
    @m.Adit : hehe...iya ya.,penyiar emang kerjanya bicara...suaranya empuk dan merdu...kadang nggak sesuai dg penampakannya.,xixixi...

    BalasHapus
  10. Hihihihihi... trus kalo yang pake cream pemutih cuma di wajah, nanti apa tulang wajahnya yang duluan mengalami osteoporosis padahal tulang2 lain tidak? He he...

    Wah... jadi, ternyata mas Srex ada di radio juga tho... Siaran seminggu sekali? Ketangkep di luar Solo ngga siarannya? ( kalaupun tidak, boleh tau berapa gelombangnya? siapa tau pas lewat Solo di waktu yang tepat, kan bisa dengerin... )

    Salam, d.~

    BalasHapus
  11. maaf apotek ana tidak menjual pemutih, adanya syusyu....hahahahaha...
    trims infonya Om, bermanfaat sekali... :-)

    BalasHapus
  12. informasi yg bermamfaat, intinya kita harus mengikuti pola hidup yg sehat ya ndan..mksh.

    BalasHapus
  13. thx Mas Srex pencerahannya...dari dulu saya kurang suka nyusu....hehehe....tapi sejak kecil hobi saya ngunthuti susu bubuk kering tanpa dikasih air. jadi susu bubuk saya tambah gula pasir trus dicamil begitu saja....sehat nggak ya ?

    BalasHapus
  14. @mb Dee: osteoporosis diperhitungkan pd tulang penyangga tubuh, tungkai atas-bawah, tul. pinggul, tul.punggung....
    G' perlu bugil berjemur cr sinar Mh lah...hehe...o ya, siarannya di Ria-FM solo....kalo lewat,mending mampir skalian mbak..,tx u

    @mas Fer: nah..tuh...susyu yg dijuwai kan yg kemasan karton n kaleng..? Bukan yg kemasan kulit..?..xixixi..aw!

    BalasHapus
  15. @Jingga : iya, pola hidup sehat, tapi dikit2 'mbeling' jg sehat kok...hehe, tx

    @mb Ayik-sl : mbak kok sama dg aku? Cilik'an ku yo seneng nggadu susu bubuk plus gula pasir...hehe...
    Nggak ada efek negatif nya kok, paling cm sdkt lbh boros...
    Tx yaa

    BalasHapus
  16. mas srex: osteoporosis diperhitungkan pd tulang penyangga tubuh, tungkai atas-bawah, tul. pinggul, tul.punggung....

    'dee: iya, aku tau... ha ha ha... aku guyon aja soal osteoporosis di muka itu, ha ha ha ha ha :D -- aduh, jangan ditimpuk dong... belom pernah ketemu pasien super error kayak aku ya? ha ha ha :D

    d.~

    BalasHapus
  17. mas srex: osteoporosis diperhitungkan pd tulang penyangga tubuh, tungkai atas-bawah, tul. pinggul, tul.punggung....

    'dee: iya, aku tau... ha ha ha... aku guyon aja soal osteoporosis di muka itu, ha ha ha ha ha :D -- aduh, jangan ditimpuk dong... belom pernah ketemu pasien super error kayak aku ya? ha ha ha :D

    d.~

    BalasHapus
  18. wah maaf... dobel lagi, as usual... maaf maaaafffff... d.~

    BalasHapus
  19. wah kalau didengar produsen suplemen + susu kamu akan langsung diuber abiiiss ... buat nanyain berapa no rekening dok ? xi xi xi ... I love cofee !

    BalasHapus
  20. @mb Dee : huehehe...dasar Dee error...aku'nya aja yg sok serius...hehe...

    @Top : wow...kalo aku nitip no rkg ke sampeyan gimana yaa..? nambah ato amblas...haha...

    BalasHapus
  21. baru tau kalo kalsium yang tidak diserap tubuh akan terkumpul di ginjal dan menjadi batu :(
    Asupan kalsium tinggi saja ternyata tidak cukup ya, tetap harus berolahraga dengan teratur suapaya bisa terus menjaga nikmat pemberian Nya yaitu kesehatan.
    Maturnuwun infone Pak..

    BalasHapus
  22. @retno : sama2...semoga bermanfaat ya....

    BalasHapus
  23. aku kan pembalap,pemuda berbadan gelap, kayaknya aman dari osteoporosis hehehe

    BalasHapus