Minggu, Maret 07, 2010

Cerita tentang Kacamata Ku

Mau cerita dikit tentang kaca mata yang setia menemaniku sejak tahun 1998.
Saat itu negara kita sedang di landa krisis moneter, mungkin saat puncaknya, dimana nilai mata uang dollar US saat itu kalo nggak salah mencapai Rp14.000,-/dollar nya.
Aku sedang mengantar istri berbelanja kebutuhan untuk anak2 kami di suatu Mall di kota Semarang. Saat melintasi sebuah etalase toko kaca mata yang terbesar di mall itu, mataku terpana oleh sebuah Kacamata mengemudi yang di pajang. Ku amati baik2.....ternyata itu adalah kaca mata khusus mengemudi, walaupun bisa dipakai dimana saja terutama ”outdoor”. Mereknya RayBan Chromax, driving series, gold plate dengan lensa berwarna coklat.

Sekitar 2 tahun sebelumnya aku sudah pernah membaca iklan kacamata ini di beberapa surat kabar dan tabloid Otomotif, dimana di promosikan bahwa kacamata ini memiliki keistimewaan :
1. Menyaring sinar biru – ultra violet.
2. Mempertajam warna-warna kritis dijalan-raya, yaitu Merah, Kuning dan Hijau (warna lampo rem dan trafic light).
3. Melindungi retina mata dari radiasi UV.

Saat itu aku sudah kepingin sekali membelinya, tetapi apa daya, harganya saat itu (1995-1996) mencapai 250 ribu perak.....yah....sekitar separo gaji perbulan ku sebagai pegawai saat itu. Sehingga niat tersebut ku urungkan dan hanya menjadi sekedar obsesi belaka dan aku cukup puas dengan menggunakan kacamata gelap biasa yang murahan.

Istriku ternyata diam2 mengamati aku yang tampak berlama-lama menikmati bentuk kacamata RayBan tersebut. Kemudian dia mendekatiku dan berkata “ Pa...kamu kepingin kacamata itu yaa.....”. Aku tersenyum dan menggeleng.....” enggak ma....pasti sekarang harganya mahal, sayang duitnya, mending buat beli susu anak2 aja....hehehe...”.
Kemudian kami berlalu dan meninggalkan desah rasa sedih dihatiku......kembali mencari kebutuhan rumah tangga. Rasa sedih akhirnya terlupakan dan kami memasuki supermarket yang ada di mall tersebut dan seperti biasa aku selalu mengasyikkan diri di tempat2 peralatan pertukangan dan keperluan2 mobil.

Selesai belanja, kemudian kami pulang ke Kopeng, perlu waktu sekitar dua jam perjalanan mencapai rumah, setelah sebelumnya kami mengisi perut dulu.

Saat sampai di rumah, kami kemudian membongkar belanjaan kami, dan mendadak......aku menemukan tas kertas mewah bertuliskan nama optik kacamata dimana tadi aku berlama-lama. Dengan jantung berdegup kencang dan tangan sedikit gemetar.....menahan nafas....ku buka tas itu, ku keluarkan isinya....Serasa mau copot jantungku...semburat rasa senang dan teriakanku mengagetkan anak2ku yang ikut merubung. Kuangkat Kotak kacamata terbuat dari kulit berwarna hitam dengan tulisan “RayBan Chromax, driving series”...ku buka dan....hahahaha....kacamata idamanku ada ditangan.....langsung ku kenakan....dan suatu sensasi luar biasa kurasakan saat memandang sekelilingku melalui kacamata itu. Kulihat istriku senyum-senyum simpul....sambil berkata “ Itu tadi kubeli buatmu Pa...karena aku tahu papa udah bertahun tahun kepingin banget punya kaca mata itu”. Kudekati istriku...kupeluk dan kucium keningnya...” Makasih ma....” aku nggak mampu berkata-kata lagi....serasa mau meledak rasanya dadaku. Kemudian ku tanya.....” Berapa kamu beli kacamata itu ma...?”. Istriku bilang “ waktu ku tanya, harganya 1,2 juta, tapi waktu kutawar-tawar, akhirnya dilepas dengan harga separonya, 600 ribu perak, ada garansi perawatan seumur hidup, dengan sertifikat keaslian dari Bausch & Lomb (BL). Kayaknya tokonya lagi butuh duit, karena dagangannya agak sepi, maklum lagi krisis moneter”.
Aku hanya bisa geleng2 kepala....nekat banget banget ni cewek.......Istriku nyambung “ udah nggak usah dipikir Pa....itu duit aku dapat dari bonus dari tempatku kerja kok...hehehe....


Kacamata tersebut sampai sekarang masih kupakai, tidak pernah lepas dariku, manakala berada di perjalanan saat cuaca terang, entah itu saat menyetir sendiri, naik bus, KA, maupun pesawat. Aku merawatnya dengan hati-hati, dan memang terbukti kacamata tersebut sangat awet.

Aku pernah beberapa waktu yang lalu mampir ke suatu optik besar di kota Solo dan menanyakan tentang kacamata ini, mereka bilang sekarang sudah tidak di jual resmi di Indonesia, harus pesan dulu. Kalau ada yang jual biasanya palsu, nggak ada sertifikatnya. Memang benar saat aku googling via eBay....kacamata tsb bisa di pesan dengan harga $299 plus ongkos kirim $30. Wahh.....aku jadi makin sayang dengan kacamata itu yang sudah 12 tahun setia menemaniku.

Ini ada gambarnya....




19 komentar:

  1. bukan hanya masalah kacamatanya aja ya ndan tapi cerita dibalik kacamata itu yang membuat jadi istimewa.

    BalasHapus
  2. wah...awet ya mas... eh, pantes keren,harganya juga yahud, hehe... Semoga tetep awet memperlengkap penampilan njenengan bertahun kedepan....

    BalasHapus
  3. harga yahud..tp kualitas t'bukti ok y om..tp suprise'y itu lho dr si tante he..keren..keren..

    BalasHapus
  4. @mas Rizal : bener mas, esensi kisah ini adalah 'perhatian dan kejutan' yg menyenangkan dari bojo-ku...tx ya
    @Mechta; hiya sist...ku-eman2 dan kuanggap memiliki nilai sejarah yg tak ternilai...soal keren...hehe, kcmatanya yg keren, yg pake biasa aja...tx u
    @mymai : iya mai, ada harga ada rupa, yg pasti mata ini terasa nyaman, walaupun di siang terik sekalipun....
    Banyak merek n model yg meniru, tapi orang yg 'ngerti' pasti langsung bisa menilai kacamata yg kupake...hehe, tengkyu mai....

    BalasHapus
  5. Saya suka dgn kisah di balik kacamata itu mas. Dan bentuk kacamatanya memang oke punya. Dulu kita menyebutnya kacamata pilot or kacamata Michael Jackson, dan memang harganya mahal utk model begitu kecuali yg cendem ya hehee.
    Dulu saya pnh dibelikan kacamata kuning model MJ utk menyetir malam hari, tp ga mahal bgt kyk punya situ mas, merk biasa heheee..
    Top deh, kacamata yg pas memang bs buat tambah keren :).
    -zee-

    BalasHapus
  6. yao.. sip kacamatanya om.. aku punya yg mirip gitu.. yah tpi buatan lokal.. he..he.. alias imitasi..

    BalasHapus
  7. @Zee : iya sist, eh ada yg bisa dipake malam tho....mungkin warnanya kuning muda ya? Kalau soal harga itu relatif sih....driving series merek lain jg ada, lbh murah tp nggak murahan...Apalagi kalo liat kcmata cengdem skarang,modelnya macem2...tp kayaknya g' awet,dari plastik/mika. Tx u

    @mas Ali : hehe...moga g' lama lg bisa ganti yg 'BL' beneran yo mas....ntar bisa dipake sambil nge-net...hehe...
    Tx

    BalasHapus
  8. ternyata sejarah kaca matanya unik juga ya, mas...
    kaca mata tersayang krn pemberian istri tercinta...hehehe
    btw, man keren lowh mas srex keliatan keren kalo pake kaca mata itu...
    kyknya udah jd ciri khas ya... :)

    oy, hampir lupa papa saia gak pny blog jd gak perlu nge-link...hihihi
    slm hangat juga dari papa... :)

    BalasHapus
  9. beruntungnya kalian adalah belahan jiwa, ketika yang satunya ingin, soulmatenya pun tahu tanpa ada kata.
    you're lucky om! salam untuk istri dikau ya om :)

    BalasHapus
  10. @Vany: mungkin emang kebetulan cocok aja sist....lagian emang udah kayak identitas aja...hehe.,
    O ya, makasih salam nya...kapan2 posting lagi tentang yg unik2 dari Papa yaa....haha.,tx u
    @mb Q : yah.,begitulah seni nya berumah tangga sist...saling melengkapi...
    Btw, tx salam nya.,dah nyampe...hehe

    BalasHapus
  11. 12 tahun masih terawat. ruaar biasa. kacamata rayban om srex pasti tambah mahal karena nilai historynya itu loh..

    BalasHapus
  12. kacamatanya bisa bikin orang yang diliat jadi lebih cantik ngga mas? he he he he he :mrgreen: d.~

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. @Jingga : tul mas, nilai historisnya nggak kebeli...itu yg jd makin sayang dg kcmata ini. Tx u

    @mb Dee : huehehe....pasti tetep cantik lah.,kan cewek, apalagi kalo pake baju, lipstik merah..wow.,makin menyala dah...hehe

    BalasHapus
  15. wah, terharu aku pada Nyonyah Srex ini...romantis banget...salam buat Nyonyanya ya Mas...

    BalasHapus
  16. @mb Ayik/SL : m.nuwun mbak...
    Oya,salamnya udah nyampe...:-)

    BalasHapus
  17. ya ampuuunnnnn om itu fotona.... tidak sesuai kayaknya sama isi blognya, jelas2 ngomongin kacamata mahal, kok fotona malah kacamata cengdem...seceng adem hahahaha....

    piss ah om dokter :))

    salam buat tante yg baik hati dan penyayang :)

    BalasHapus
  18. hmm mantap,Ndan .. sesuatu yg istimewa,pasti disayang dan dirawat ya,salam buat istri di rumah

    BalasHapus
  19. Feeling tante tajam ya...kacamata tanda cinta...mantaaaab...
    tiba - tiba saja teringat sama kacamatanya pak erick estrada...selamat bertugas Ndan...oh iya...salam buat Tante ya Om... :)

    BalasHapus