Sabtu, Oktober 03, 2009

Batik dan Keajaiban dunia.

Bukan karena mau latah kalau posting kali ini menyangkut batik, karena memang kenyataannya saat ini memang kita sedang merayakan ditetapkannya oleh UNESCO batik sebagai warisan budaya dunia non benda yang berasal dari Indonesia. Bangga…? Jelas iya lah…pengakuan tingkat dunia seperti ini jelas meruntuhkan segala kekuatiran akan di klaimnya batik sebagai milik Negara lain.
Walaupun tidak dilakukan suatu proses Paten-isasi batik dimana diharapkan adanya royalty, itu sudah tidak perlu lagi, karena pengakuan ini jelas mengatakan batik adalah milik kita. Kita sebagai bangsa Indonesia sudah sepantasnya berbangga dengan pengakuan yang luar biasa itu.
Pengakuan batik sebagai warisan dunia juga memiliki konsekwensi bahwa kitapun tidak boleh sembarangan memperlakukan batik dengan semena-mena, menelantarkannya atau bahkan melecehkannya, dunia akan marah dan pengakuan itupun bisa dicabut. Momentum ini merupakan suatu titik tolak untuk melakukan suatu ‘refresh’ bagi bangsa kita untuk lebih menghargai budaya-budaya asli kita, dimana sering terkesan kita meremehkan keberadaannya. Mungkin karena kita terlalu kaya dengan unsur-unsur budaya daerah dan sudah merupakan dari bagian dari kehidupan kita sehari-hari, maka kita sering lalai dengan menjaganya dari para “perampok budaya” dari negara-negara kaya secara ekonomi tetapi sebenarnya miskin budaya asli.
Kalau kita urutkan dari daerah Aceh sampai Irian, betapa beragamnya budaya kita, mulai dari kesenian tari-tarian, kain dan pakaian, makanan, upacara adat, dll…..negara Amerika Serikat memiliki budaya asli Indian yang lambat laun semakin punah, Australia pun hanya memiliki budaya asli Aborigin…tidak heran karena penduduk mereka merupakan imigran dari mayoritas negara2 Eropa.
Indonesia memiliki sejarah panjang sebagai suatu Negara, mulai dari jaman kerajaan2 kuno, unsur budaya Hindu mulai masuk, kemudian Budha, juga masuknya budaya Islam dimulai dari pedagang2 Gujarat, imigran2 China,kemudian budaya Eropa/Kristen melalui penjajahan Belanda/Portugis. Budaya-budaya yang mereka bawa telah berasimilasi di Indonesia disesuaikan dengan kondisi adat dan geografis sehinga menghasilkan suatu budaya baru yang sudah berbeda dengan budaya asalnya, karena sudah merupakan suatu racikan atau adonan yang melahirkan suatu budaya baru yaitu budaya khas Indonesia.
Kita akui bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, ras dan agama, tetapi kita semua memiliki kesamaan yaitu rasa cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia, sudah bukan zamannya lagi untuk membedakan ras pribumi dan non pribumi seperti pernah terjadi pada masa-masa kelam yang lalu. Kita adalah satu, kalau sudah menyangkut suatu kebanggaan sebagai suatu bangsa, saya yakin segenap komponen bangsa akan bersatu. Sebagai contoh saat Rudy hartono atau Liem Swie King atau Susi Susanti sedang bertanding bulu tangkis di tingkat dunia, segala doa dari para pemeluk agama baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, KongHuCu di panjatkan ke padaNya, agar atlet-atlet kita memperoleh kemenangan.
Begitu juga saat MU gagal datang ke Indonesia karena adanya kasus pengeboman, betapa marah dan sedihnya para penggemar MU di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam manakala mengetahui gagalnya rencana pertandingan persahabatan di Indonesia. Ini merupakan kenyataan betapa uniknya orang Indonesia. Kenyataan ini menunjukan bahwa “fanatisme primordial” yang mengedepankan faktor agama, ras dan suku makin lama makin “out of date”.
Rasa kebersamaan, kerukunan dan saling pengertian sebagai sesama bangsa Indonesia dengan tetap mengutamakan keyakinan terhadap ajaran tentang kebaikan dari Agama yang dianut masing-masing penduduk, bagiku sebenarnya merupakan ………KEAJAIBAN DUNIA NOMOR SATU.
Begitulah.......

23 komentar:

  1. makanya saya sangat menikmati menjadi Indonesia. dapat istri gadis jawa,...mertua beda agama namun kita rukun-rukun saja, mudah-mudahan sampai kiamat tiba.

    I love Indonesia !! hahaha,...

    BalasHapus
  2. masalah batik mudah-mudahan suatu saat ada underwear motif batik.. saya pasti beli xixixi

    BalasHapus
  3. Jadi inget dulu pas ada bakar2 an di Smg krn kerusuhan rasial saat msh SMP Domenico Savio(th 80-an mrpkn SMP Katolik dan terkenal banyak pelajar keturunan cina, padahal saya jowo dan muslim)

    ..saat itu ada seorang teman sebangku yg terjebak krn terlanjur masuk sekolah saat kerusuhan mulai merembet ke jantung kota, dia sungguh ketakutan mukanya pucat tidak berani pulang ke rumahnya di Jl Gajahmada. Akhirnya setelah ku bujuk kamipun nekat berboncengan pakai vespa bututku menembus jalan2 dan bangunan yg terbakar & porak poranda ... lebih dulu dia saya suruh menelungkupkan badan & pakai topi dan mukanya ditutupi tas ..

    alhamdulillah kami selamat sampai di dpn rmhnya yg pagarnya tinggi. Sempat bingung jg krn pagarnya digembok lalu aku teriak " wis lompatin aja ..nggak bakalan keluargamu berani mbuka pagar..!!" serta merta dia bergegas nekat lompat pagar meski dg resiko badanya ketusuk ujung lancip besi paganya yg tinggi tsb .. hmmmm itulah sekelumit kisah "Indonesia" ku sobat ..

    BalasHapus
  4. haloo blogger hantu ketemu lagi..
    numpang betelor di sini ya..
    wa itu yg komen di atas curhat ya... hihi...

    batik diakui dunia. bangga? ya iyalah. bukan latah baca postingan ya, tapi emang copycat sejati haha...

    btw, saya cwe om... bukan mas mas..:)

    BalasHapus
  5. suatu saat kalo ada kesempatan saya mau lihat corak underwear brader bong...ahahahahhaa

    BalasHapus
  6. @BongJovi; hehe..gitu tho Bong...nyonya masih kerabat keraton solo yaa...? Ternyata kemajemukan memberi kesejukan...
    Btw, underwear batik untukmu kayaknya gak perlu bong...karena yg mau ditutupi udah penuh tatto..! Ya kan...xixixi,aw...!!

    @TopBontot; duh...sampe merinding aku bacanya...temanmu itu nggak akan lupa pertolonganmu mas...
    Begitu menakutkan dan mengerikannya suatu kerusuhan yg bermotifkan SARA, mudah2an tidak terulang lg untuk selamanya di bumi ini...tx share nya Top !

    BalasHapus
  7. @Ducky; halo sist...makasih telornya yaa...masih anget...xixixi...
    Bangga rasanya punya teman blogger spesial pake telor....xixixi...tx u

    @Coffe: sama dah...perlu diganti tuh, udah pada bolong2 kaleee....xixixi, piiss..bong..

    BalasHapus
  8. mo tw ga yg bwt aq lbih kgum lg adlh(hal ini aq dpt wktu merhatiin batik2'y tmn2 guru yg mcm2 saat lg ngumpul dkntor) motif btik itu klo ad yg ngitungin mngkin sdh ad jtaan atw milyaran x y dr zaman dulu...dn rs2'y...jrang ad motif yg sm...y kecuali klo mmng buatan pbrik yg sm hehehe...bnr2 kreatif....!!!

    BalasHapus
  9. maz srex, akuh ikut snang dg batik jd milik kita...apahlagih pake baju batik kiriman maz srex...mau lg dunk...xixixi...aw

    BalasHapus
  10. ijin menculik foto nyang make baju merah yaaa...

    bareng2 ngumpul makan2 emeng enaknya make busana batik,,, keyyeeeennn deh!

    BalasHapus
  11. Itulah yang selalu membuat saya bangga menjadi orang indonesia, keanekaaragaman itu selalu bembuat kita untuk semakin bersatu sehingga tanpa kita sadari telah menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi....

    seperti saya yang selalu menanti tulisan diblog ini yang selalu penuh inspiratif...

    BalasHapus
  12. @mymai; betul mai.,semua motif batikpun ada namanya...belum lg kalo kita lihat corak dan modei gaun/baju batik buat wanita.,wow keren2 dah...seneng ngliatin nya...tx ya..

    @sweety; wah...! Barter aja ya...sama kue2 mu...xixixi..

    @mas Tri: izin diberikan mas,..hehe,
    Resepsi pake baju batik memang ok, luwes aja make'k nya...lg an berani makan banyak deh.,.tx ya

    BalasHapus
  13. @Mas Rizal; barengan nih ngetiknya.
    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia harus selalu ditumbuhkan n dipelihara...sebagai jaminan keutuhan negara ini, dg cara apapun, termasuk dg mulai tumbuhnya rasa cinta dan bangga dg batik...betul katamu, keanekaragaman membuat kita ingin selalu bersatu....itulah nasionalisme.
    Tx bratz mas...

    BalasHapus
  14. habis ini giliran koteka ya Ndan..huhuyy.. btw,baru saja mendapat forward message tentang aksi sosial di Sumbar,tentang pembagian air dan indomie gratis, dan nasi goreng plus air cuma2 dari sebuah restoran,namun kalimat terakhirnya cukup mengusik ketentraman yaitu "orang cina juga dibantu disini".. entahlah apa yang sedang terjadi di sana,namun aneh jika kita menolong orang yang tertimpa bangunan dengan memintanya menunjukkan KTP terlebih dahulu

    BalasHapus
  15. kakek saya pernah berkata kepada saya ...
    kau harus mampu meneladani leluhurmu dulu (yang mewariskan batik) ...
    aktualisasikan batik di masamu ...

    sampai saat ini saya belum faham betul maksud kakek saya itu ..

    BalasHapus
  16. @mrPsy: koteka mas...hehe...kontroversial nih...nyari counter n SPG nya...xixixi...
    Btw, kalo emang niat membantu demi kemanusiaan tidak perlu pake embel tulisan yg menyakitkan itu...itu yg nulis perlu di bor otaknya n disetrum...masih belum 'sadar' juga itu orang....
    O ya, di manado, ras china disana diakui sebagai salah satu suku manado...benar2 rukun, asimilasi berjalan dg mulus....ceweknya juga mulus2...huhuuy....xixixi..!

    @Abu: mungkin kalau aku boleh nebak, yg dimaksud kakekmu adalah 'ketelatenan'nya....proses mem-batik sangat rumit, mulai dari menyiapkan kain, menggambar pola, men'canting'nya, mencelup.,dst..dst, benar2 membutuhkan kesabaran dan ketlatenan demi suatu hasil karya seni 'master piece'.
    Tx dah mampir, salam knal, ntar ku main tempatmu..

    BalasHapus
  17. lha kok kemejanya lorek-lorek? apa ini sebenarnya modifikasi batik lurik? hehe

    BalasHapus
  18. @mb ernut; itu foto dg teman SMA dulu, macam2 suku,ras,agama ttp kompak. Bajuku lorek tapi dalemannya motif batik....sumprit mb...xixixi

    BalasHapus
  19. Ana orang Indonesia, Jowo, ada Arabnya tavi jauuuuuuuh sekali sampai Nabi Adam....hahahahaha

    batik bagi orang jawa adalah kain penutup yang amat sakral, mulai lahir, nikah, sampai matipun ditutupi dan tak lepas dari atribut kain batik
    tapi sayang batik Gresik sudah hilang kemana....semenjak penjajahan Belanda.
    sebenarnya ada sih disamping batik Madura ada batik Gresik, Drajad serta Tuban, tapi ane kurang tahu infonya...maaf ya Om...hehehehe

    Hidup batik !!...seragam karyawan ane juga batik lho Om....hehehe

    BalasHapus
  20. ngomongin batik jadi inget temenku orang pekalongan...status ym, fb, fs ditulis 'pekalongan kota batik...pekalongan kampung halamanku' hahahh

    BalasHapus
  21. @mas Fer; kalau dilihat dari sini, sampeyan memang mewarisi aneka gen, untungnya yg baik2 nya ya mas...
    Btw, sayang sungguh sayang kalau batik di Jawa Timur sampe punah ya...? Mungkin perlu dilakukan riset sejarah untuh merunutnya mas.... Kalo Di RS kariadi Semarang, tiap hari jumat memang wajib batik untuk karyawannya, untuk dokter masih bingung.,soale belum ada jas putih dg corak batik. Salut untuk apotek ente dah...tx u

    @Iniaku : hebat banget temanmu itu, kayaknya dia punya pabrik / butik batik yaa...tx

    BalasHapus
  22. Batik emang ok, 1 tahun lalu smpt belanja baju batik, sampai skrg batik tersebut msh bagus dan pas buat saya pake ke kantor, mklm dikantor saya jarang ada yg make batik kecuali ada hari besar...hidup batik Indonesia...!

    BalasHapus
  23. @Jingga; siip...mas, batik memang bisa dipake suasana apa aja ya...bahkan dipake buat kerja/dinas malah keren n berwibawa banget.
    Viva batik Indonesia...!!

    BalasHapus