Selasa, Agustus 12, 2008

SUKSESI REHABILITASI MEDIK FK UNDIP 2008

SUKSESI

1. Kepemimpinan adalah suatu amanat yang diemban untuk menjalankan kelangsungan roda pemerintahan demi kelancaran proses (belajar-mengajar).
2. Dalam suatu kepemimpinan pasti ada pihak2 yang mendapat keuntungan
( dekat dengan kekuasaan) maupun pihak yang merasa termarginalkan (jauh dari kekuasaan).
3. Sering timbul rasa tidak puas bagi yang termarginalkan, dan biasanya menginginkan adanya suatu suksesi dg harapan ada pebaikan, sedang bg pihak yg merasa diuntungkan akan lebih nyaman apabila keadaan tetap status quo.
4. RM sekarang sedang memasuki masa-masa genting berkaitan dengan proses suksesi.
5. Suksesi dimana-mana pasti akan menimbulkan gejolak.
6. Maka biarlah proses suksesi bejalan secara alamiah dan wajar.
7. PPDS 1 bukan sekedar pogram belaka, tetapi suatu komunitas yang unik, karena menyangkut profesi dan pendidikan.
8. Jangan sampai proses suksesi menyebabkan timbulnya perpecahan pada komunitas RM, karena kita adalah suatu keluarga besar.
9. Saat ini kita sudah mulai memasuki tahapan itu, dan pasti ada pihak yg merasa puas dan tidak puas, dg dalih apapun.
10. Seandainya proses suksesi itu berjalan dengan wajar dan itu demi perbaikan sistim pendidikan yg lebih baik, transparan, maka kita wajib mendukung.
11. Sebagai contoh saya sebagai residen yg paling senior yg akan menerima dampaknya secara langsung. (penelitian dll, ujian akhir, tesis, SIP dlll)
12. Tetapi bila proses suksesi tsb berlangsung secara damai dengan tidak untuk mendiskrediktkan nama seseorang dan yg paling penting Bukan karena kepentingan sepihak kartena faktor iri - dengki atau balas dendam baik kepada yg bersangkutan maupun sesama residen, dg mengatas namakan seluruh residen. . . . saya menolak tegas.
13. Tetapi bila proses ini berjalan karena alasan baik, yaitu demi perbaikan sistim pendidikan terutama buat residen2 yang junior, maka kita patut mendukung secara penuh.
14. Maka kita harapkan para residen dapat solid, menggalang kerjasama dan tidak saling memusuhi atau mencurigai. Biarlah proses ini berjalan apa adanya sesuai aturan main yang benar.
15. Saya harapkan para residen bisa saling bekerjasama dengan baik, menjaga kerahasiaan untuk menghindarkan terjadinya kesalah pahaman maupun perpecahan diantara para residen sendiri.

1 komentar:

  1. Trim's banyak.
    Semoga IKFR FK UNDIP tambah sukses dan kompak.

    BalasHapus